19 April 2024

photo

Medical Youth Research Club (MYRC) merupakan lembaga khusus yang mewadahi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin prodi Pendidikan Dokter untuk mengembangkan potensinya di bidang penelitian dan keilmiahan dan salah satu kompetensi dasar yang harus dipenuhi dari anggota biasa MYRC adalah membuat karya tulis ilmiah. Oleh karena itu tepatnya tanggal 15-16 November 2014, Medical Youth Research Club (MYRC) menyelenggarakan workshop KTI 2014.
Program kerja terbaru dari divisi Human Research Development MYRC ini bertujuan untuk mengembangkan atmosfer keilmiahan dengan menciptkan susasana penulisan karya tulis ilmiah khususnya dalam hal kesehatan atau kedokteran. Kegiatan workshop (lokakarya) Karya Tulis Ilmiah (KTI) kali ini mengangkat tema “Enhance your scientific writing skill , to expand the research behavioral” dengan bentuk kegiatan yang menarik seperti pemberian  materi, diskusi, sharing, dan simulasi.
Kegiatan yang berlangsung di Ruangan Kuliah Faal (RKF) Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin ini diisi oleh beberapa materi daintaranya gali ide oleh Firman Hasan S.Ked, Karya Tulis Ilmiah (KTI) oleh Idar Sunandar S.Ked, dan PKM KT (GT/AI) oleh Ainum Jhariah Hidayah,SKM.
Tujuan Workshop KTI ini juga senada dengan salah satu program dari DIKTI yakni PIMNAS dibidang  Program Kreativitas Mahasiswa-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Dimana PKM-GT merupakan wahana mahasiswa dalam berlatih menuliskan ide kreatif sebagai respons intelektual atas persoalan aktual yang dihadapi masyarakat. Ide tersebut seyogyanya unik, kreatif dan bermanfaat sehingga idealisasi kampus sebagai pusat solusi dapat menjadi kenyataan. Sebagai intelektual muda, mahasiswa umumnya cenderung pandai mengungkapkan fakta sosial, namun melalui PKM-GT, level nalar mahasiswa tidak hanya dituntut sampai sebatas mengekspos fakta tetapi justru harus mampu memberi atau menawarkan solusi.
dr. Rusdina Bt Ladju selaku perwakilan dari birokrat FK Unhas dalam sambutannya memberikan banyak motivasi-motivasi kepada peserta untuk terus berkarya apapun tantangan yang dihadapi, bahwa sukses itu terkadang harus memilih jalan dengan resiko besar salah satunya dengan memilih jalan yang orang lain tidak pikirkan walaupun harus melawn arus. Muhammad Dwi Wahyu, Eksekutif Director MYRC periode 2014-2015 dalam kesempatan yang lain juga mengungkapakan kebanggaan atas terlaksananya kegiatan ini dengan lancar dan cukup antusias, seperti yang diketahui kegiatan ini dihadiri oleh 132 peserta. Beliau juga  menambahkan bahwa kegiatan seperti ini perlu untuk terus dikembangkan mengingat pentingnya karya tulis ilmiah untuk melatih kemampuan keilmiahan anggota MYRC dan juga  mengundang teman-teman FK Se-SulSel untuk berpartisipasi agar atmosfir keilmiahan dapat terasa lebih luas. (RBY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *