Sejarah Singkat

Sejarah

Bagian Faal mulai didirikan pada thn 1956 sesuai keberadaan fakultas kedokteran UNHAS dengan Ketua Bagian Prof. dr. Morris dengan jumlah assisten luar biasa 8 orang serta tenaga administrasi 1 orang. Pada perjalanannya bagian Faal telah mengalami 8 (delapan) kali pergantian Ketua bagian dan sekarang ini Bagian Faal dipimpin oleh DR. dr. Ilhamjaya Patellongi, MS dengan jumlah staf dosen tetap 9 orang, dosen luar biasa 3 orang, tenaga administrasi 2 orang dan teknisi 1 orang.

Perkembangan Pengajaran Ilmu Faal

Seiring dengan perkembangan kurikulum di Fakultas Kedokteran sejak tahun 2002, maka terjadi pula penyesuaian sistem pengajaran di bagian Faal. Proses belajar mengajar diberikana pada mahasiswa berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan strategi Problem Based Learning dan pendekatan sistem organ. Bagian Faal mendukung sistem ini dengan menjadi tim pengajar, tim tutorial dan tim instruktur skill lab dalam masing-masing sistem organ yang dikemas sebagai satuan mata kuliah.

Perkembangan Penelitian

Sejak tahun 1998 perkembangan penelitian di bagian Faal difokuskan pada bidang Biologi Molekuler dan Faal Olahraga. Atas prakarsa dr Irawan Yusuf, penelitian di bidang Fisiologi Molekuler mulai dikembangkan dan didukung  kerjasama dengan Lembaga Eijkman Jakarta. Demikian juga penelitian di bidang Faal Olahraga banyak dikembangkan dengan kerjasama dengan KONI Sulawesi Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagian Faal © 2015 Frontier Theme