Category: Kegiatan

Penyuluhan Pencegahan dan Fisioterapi Sendiri Pada Nyeri Pinggang Bawah

fb_img_1480838938922

fb_img_1480838992975

Penyuluhan Pencegahan dan Fisioterapi Sendiri Pada Nyeri pinggang Bawah Bagi Staf dan Dosen FK-UH 2016
Fasilitator oleh bapak Dr. H. Djohan Aras, S.Ft, Physio, M.Pd, M.Kes

Kegiatan ini diikuti oleh 42 orang Staf dan Dosen FK-UH 2016, peserta sangat antusias dengan materi yang diberikan dan beberapa dari peserta mendapat treatment langsung dari fasilitator.
Kegiatan ini diharapkan akan dilakukan pada setiap fakultas yang ada di Universitas Hasanuddin, agar kinerja dan pengetahuan dari Staf dan Dosen Universitas Hasanuddin bisa meningkat.

fb_img_1480839026265

fb_img_1480838952110

fb_img_1480838964763

Pengumuman: Penyuluhan Fisioterapi Nyeri Pinggang Bawah

Jumat  02-12-2016 akan diadakan kegiatan “Penyuluhan Pencegahan dan Fisioterapi Sendiri pada Nyeri Pinggang Bawah bagi Staff dan Dosen FK-Uh” oleh Dr.H.Djohan Aras,S.Ft.,Physio.,M.Kes. bertempat di Ruangan CSL Fisioterapi FK-UH.

Kegiatan ini diadakan oleh prodi Fisioterapi FK-UH yang bekerjasama dengan Tim Bantuan Fisioterapi STERNUM.

fb_img_1480605193389

Hidup Bugar Bersama Fisioterapi.…

Perkembangan Terkini Dalam Fisioterapi Neurologi

fb_img_1480838796479

Diskusi Fisioterapi “Perkembangan Terkini dalam Fisioterapi Neurologi” oleh Bapak H. Herdin Rusli S.Ft. Physio. M.Kes.

Neuro Approaches VS Tool Kit
Evidence Based Practice
Outcome Measurement
Service Delivery Model
Self Manajement
Novel Therapies e.g. TMS
Technology & Digital Health, Robotic Physio
Extended and Scope Roles, Prescribing

Take Home Message

(1) Melatih otak bukan hanya otot
(2) Banyak penelitian berbasis konvensional
(3) Mengukur pengaruh terapi/ outcome  dengan alat ukur yang valid and Reliable
(4) Intensitas dan dosis ditingkatkan / Dosimetri paralel dengan neuroplastisitas
(5) Fokus pada perubahan perilaku
(6) Prevention dan promotion

#PerkembanganTerkiniDalamNeuroFisio
#AntaraNeuroFacilitation VS #ToolKit
#Neuroplastisitas #Neurogenesis #Sinaptogenesis #Angiogenesis

fb_img_1480838765760  fb_img_1480838751628

Workshop Penyusunan Modul CSL 2016

workshop-penyusunan-modul-csl-2016-2

Modul Clinical Skill Laboratory (CSL) merupakan suatu unsur paling penting dalam proses melaksanakan praktek suatu matakuliah di Prodi Fisioterapi Unhas. Modul CSL dipakai sebagai pedoman yang dapat menuntun dan menilai kemampuan mahasiswa untuk melakukan suatu praktikum. Selain itu, modul CSL sangat membantu para fasilitator praktisi dalam menguraikan langkah-langkah dalam suatu praktek yang dibawakan dalam satu pertemuan.

workshop-penyusunan-modul-csl-2016-1

Program studi Fisioterapi Unhas melalui Program Peningkatan Kapasitas Program Studi (PPKPS) yang didanai oleh BOPTN tahun 2016 telah menyelenggarakan Workshop Penyusunan Modul CSL. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Town, Makassar pada tanggal 21-22 Oktober 2016 yang diikuti sekitar 35 orang dosen fisioterapi, baik dari golongan dosen tetap maupun dosen luar biasa. Adapun tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pentingnya modul CSL guna kelancaran proses tutorial dan praktek dan meningkatkan kemampuan staff pendidik fisioterapi dalam membuat modul CSL yang berkualitas. Dari kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan sekitar delapan puluh modul CSL di Fisioterapi Unhas.

workshop-penyusunan-modul-csl-2016-6

Workshop Publikasi Ilmiah Fisioterapi Unhas 2016

20161105_090611

Publikasi ilmiah merupakan suatu unsur paling penting dalam memantau kualitas penelitian seorang dosen dalam mengajar di suatu perguruan tinggi. Publikasi ilmiah merupakan suatu proses yang telah melalui kegiatan penyusunan proposal, proses penelitian, pelaporan hasil, hingga pembuatan artikel atau jurnal. Selain itu, publikasi ilmiah bermanfaat sebagai pemberi informasi terkini dan terbarukan tentang suatu topik penelitian.

20161105_090803

 

Membuat karya ilmiah atau jurnal merupakan salah satu bagian dari tugas dosen yang berkecimpung di dunia penelitian untuk mengembangkan tridarma perguruan tinggi. Pembuatan suatu artikel ilmiah membutuhkan sejumlah langkah, seperti perancangan abstrak, latar belakang, tujuan dan manfaat, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan implikasi penelitian, serta waktu yang perlu digunakan secara efektif dan efisien. Lebih lanjut, publikasi ilmiah membutuhkan suatu situs resmi secara internasional yang dapat menunjang kualitas suatu jurnal yang telah disusun lalu dievaluasi oleh reviewer yang ahli dalam bidang penelitian tertentu.

20161105_091021

Program studi Fisioterapi Unhas melalui Program Peningkatan Kapasitas Program Studi (PPKPS) yang didanai oleh BOPTN tahun 2016 telah menyelenggarakan Workshop Publikasi Ilmiah. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Remcy Makassar pada tanggal 5 November 2016 yang diikuti sekitar 40 orang dosen fisioterapi, baik dari golongan dosen tetap maupun dosen luar biasa. Adapun tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan pemahaman penting suatu publikasi hasil penelitian guna kelancaran menunjang kualitas seorang dosen sebagai peneliti.…

Workshop Pembuatan Bahan Ajar Fisioterapi Unhas 2016

workshop-pembuatan-bahan-ajar-1

Bahan ajar merupakan suatu unsur paling penting dalam proses belajar-mengajar di suatu perguruan tinggi. Bahan ajar adalah pedoman yang dapat menuntun kegiatan mahasiswa selama berlangsungnya suatu topik perkuliahan. Melalui bahan ajar diharapkan kinerja mahasiswa dapat lebih efektif dan efisien dalam memahami suatu materi perkuliahan. Selain itu, bahan ajar sangat membantu para dosen dalam menguraikan intisari dalam suatu materi yang dibawakan dalam satu pertemuan.

Menulis bahan ajar adalah bagian dari tugas dosen dalam mengemban dan mengembangkan tridarma perguruan tinggi. Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Student Centre Learning) yang sedang gencar diterapkan di Unhas sejak 2008 yang lalu dan terus hingga sekarang, membutuhkan bahan ajar sebagai pelengkap aktivitas perkuliahan.

Program studi Fisioterapi Unhas melalui Program Peningkatan Kapasitas Program Studi (PPKPS) yang didanai oleh BOPTN tahun 2016 telah menyelenggarakan Workshop Pembuatan Bahan Ajar. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Remcy Makassar pada tanggal 24-25 September 2016 yang diikuti sekitar 40 orang dosen fisioterapi, baik dari golongan dosen tetap maupun dosen luar biasa. Adapun tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan pemahaman penting bahan ajar guna kelancaran proses perkuliahan dan meningkatkan kemampuan staff pendidik fisioterapi dalam membuat bahan ajar yang berkualitas sesuai standar LKPP Unhas. Dari kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan sekitar seratus bahan ajar dari sembilan mata kuliah pokok di Fisioterapi Unhas, antara lain:

  1. Mata Kuliah Proses dan Pengukuran Fisioterapi.
  2. Mata Kuliah Terapi Latihan dan Manipulasi.
  3. Mata Kuliah Elektro Fisika dan Sumber Fisis.
  4. Mata Kuliah Manajemen Fisioterapi Muskuloskeletal dan Bedah.
  5. Mata Kuliah Manajemen Fisioterapi Neuropsikiatri.
  6. Mata Kuliah Manajemen Fisioterapi Kardiovaskulopulmonal.
  7. Mata Kuliah Manajemen Fisioterapi Pediatri dan Tumbuh Kembang.
  8. Mata Kuliah Manajemen Fisioterapi Olahraga dan Kebugaran.
  9. Mata Kuliah Manajemen Fisioterapi Keswan dan Integumen.

Oleh: Adi

Semarak World Physical Therapy Day Di Lapangan Hasanuddin

semarak-world-physical-1

World Physical Therapy Day (WPTD) yang diperingati pada tanggal 8 September setiap tahunnya merupakan suatu kesempatan bagi seluruh Fisioterapis dari berbagai belahan dunia untuk memperingati tentang pentingnya kontribusi profesi dalam memberikan perlindungan kesehatan, gerakan, dan kemandirian fungsi gerak bagi masyarakat.

WPTD mulai dicanangkan tahun 1996 oleh World Confederation for Physical Therapy (WCPT) yang telah didirikan sejak tahun 1951 pada tanggal yang sama. Lingkup tema WPTD tahun ini adalah “Movement for Health” (Gerakan untuk Kesehatan) dimana telah memberi pesan “Add Life to Years” sebagai suatu sorotan tentang pentingnya peranan Fisioterapis dalam meningkatkan angka kehidupan dan memelihara kesehatan selama bertahun-tahun.

Fisioterapi Unhas sebagai salah satu pihak penyelenggara bersama dengan IFI Cabang Makassar, ikut berperan serta dalam beberapa agenda perayaan WPTD, seperti kegiatan assessment on the street dan senam jantung sehat. Kegiatan tersebut bertempat di Car Free Day Lapangan Hasanuddin, Jalan Jend. Sudirman, Makassar pada hari Minggu, 18 September 2016. Kegiatan yang melibatkan sekitar seribu peserta ini dibuka oleh Wakil Walikota Makassar, DR. Syamsu Rizal, Mi., S.Sos., M.Si. Deng Ical sapaan akrab wakil walikota tersebut juga turut mengikuti senam jantung sehat dalam rangka memperingati Hari Fisioterapi Dunia. “Hari ini kita menunjukkan suatu semangat untuk berkontribusi terhadap Kota Makassar melalui sebuah gerakan jantung sehat”, ujar Deng Ical.

Oleh: Adi

P2MB Prodi Fisioterapi Unhas 2016

p2mb-fisioterapi-unhas-2016-5

Proses Penerimaan dan Pembinaan Mahasiswa Baru (P2MB) Fisioterapi Unhas tahun ajaran 2016/2017 berlangsung khidmat dan lancar. P2MB kali ini mengangkat tema “Langkah Awal Menuju Pembaharuan Karakter Guna Membangun Pribadi yang Unggul, Mandiri, dan Berintelektual”. Tahun ini Prodi Fisioterapi Unhas menerima mahasiswa baru sebanyak 53 orang, yang terdiri atas 10 orang laki-laki dan 43 orang perempuan. Mahasiswa baru ini masuk ke Fisioterapi Unhas melalui berbagai jalur seleksi penerimaan mulai dari jalur tes maupun jalur nonsubsidi. Proses pembinaan berlangsung pada tanggal 18-19 Agustus 2016 di RKF FK Unhas. Adapun materi pembinaan yang diberikan berasal dari pihak Prodi Fisioterapi Unhas maupun dari pihak Himpunan Mahasiswa Fisioterapi (Himafisio FKUH) selama dua hari berturut-turut tersebut, antara lain:

  1. Selayang Pandang Pendidikan Fisioterapi FK Unhas yang dibawakan oleh Dr. Djohan Aras, S.Ft., Physio., M.Kes.
  2. Sejarah Fisioterapi yang dibawakan oleh Nurhikmawaty Hasbiah, S.Ft., Physio., M.Kes.
  3. Portal Akademik yang dibawakan Adi Ahmad Gondo, S.Ft., Physio., M.Kes.
  4. Manajemen Waktu untuk Mahasiswa yang dibawakan oleh Syarifah F. Yasmin, S.Ft.
  5. Identitas Mahasiswa yang dibawakan oleh Rangga Ardian Pradana.
  6. Pengenalan Himafisio yang dibawakan oleh Hurulaeni Khaerunnisa.

p2mb-fisioterapi-unhas-2016-8 p2mb-fisioterapi-unhas-2016-7 p2mb-fisioterapi-unhas-2016-6 p2mb-fisioterapi-unhas-2016-1 p2mb-fisioterapi-unhas-2016-13

Program Studi Fisioterapi © 2015 Frontier Theme