Category: TBF Sternum

Pengumuman: Penyuluhan Fisioterapi Nyeri Pinggang Bawah

Jumat  02-12-2016 akan diadakan kegiatan “Penyuluhan Pencegahan dan Fisioterapi Sendiri pada Nyeri Pinggang Bawah bagi Staff dan Dosen FK-Uh” oleh Dr.H.Djohan Aras,S.Ft.,Physio.,M.Kes. bertempat di Ruangan CSL Fisioterapi FK-UH.

Kegiatan ini diadakan oleh prodi Fisioterapi FK-UH yang bekerjasama dengan Tim Bantuan Fisioterapi STERNUM.

fb_img_1480605193389

Hidup Bugar Bersama Fisioterapi.…

Visi Dan Misi TBF Sternum

sternum

VISI DAN MISI TIM BANTUAN FISIOTERAPI (TBF) STERNUM

 Visi

Mewujudkan Tim Bantuan Fisioterapi STERNUM yang berintelektual dan aplikatif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia sesuai dengan kompetensi Fisioterapi

Misi

  1. Mengamalkan Tri Darma Perguruan tinggi.
  2. Membangun keterampilan dan kreatifitas anggota Fisioterapi STERNUM
  3. MembangunTim Bantuan Fisioterapi STERNUM yang siap dan sigap dalam memberikan bantuan pada masyarakat.
  4. Menunjukkan eksistensi Fisioterapi pada masyarakat.

Tujuan organisasi

  1. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam bidang bantuan fisioterapi dalam penanggulangan, baik dalam keadaan darurat.Meningkatkan rasa simpati, empati terhadap masyarakat.
  2. Meningkatkan keterampilan Anggota Tim Bantuan Fisioterapi STERNUM untuk menunjang keahlian anggota.
  3. Meningkatkan rasa kepedulian solidaritas antara sesame keluarga Tim Bantuan Fisioterapi STERNUM dengan berkumpul bersama serta berbagi pengalaman.

 …

Sejarah Tim Bantuan Fisioterapi (TBF) Sternum

STERNUM merupakan sebuah lembaga yang berorientasi pada Bantuan Fisioterapi yang mengaplikasikan ilmu pengetahuan fisioterapi dalam bentuk praktek lapangan, untuk menangani korban dari segala bentuk bencana alam sesuai dengan kompetensi fisioterapi.Harapan Organisasi ini tetap teguh memegang prinsip-prinsip keilmuan dalam bidang fisioterapi dan etika kesehatan. Rancangan pembentukan organisasi ini berawal pada tahun 2011,tetapi tidak terealisasikan sesuai dengan konsep pembentukan lembaga, dikarenakan tidak efisiennya waktu di tahun 2011 untuk pembentukan lembaga ini. Antusias para perancang mahasiswa angkatan 2011 berinisiatif untuk menurunkan konsep atau rancangan pada mahasiswa angkatan 2013 dan 2014.

Pada tahun 2015 mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 sebegai penerus pembentukan lembaga, terdiri dari 5 mahasiwa yakni Ahmad Akhyar, Muh. Sawqi Hasanuddin, Muh. Khaidir Pasry,  Icshan Pachruddin, dan Muhammad Fadhil H, selaku pendiri lembaga.yang kemudian menjadi tim perintis pada Tim Bantuan Fisioterapi yang bernama “STERNUM” . Kemudian pada tanggal 27 oktober 2015 diadakan Forum diskusi bersama senior dan alumni fisioterapi FK UNHAS untuk menganti nama TIM BANTUAN FISIOTERAPI “STERNUM” dan mendapatkan usulan sebuah nama organisasi yang diberi nama Tim Tanggap Fisioterapi.

tbf-sternum

Sehubungan dengan usulan tersebut maka kembali diadakan diskusi antara Tim Perintis untuk kembali mempertimbangkan usulan nama yang diberikan oleh senior. Dengan berbagai pertimbangan maka dari tim perintis menetapkan sebuah nama baru yang diberi nama STERNUM (Solidarity Team Rehabilitation Of Human).Pada tanggal 12 November 2015, tim perintis kembali mengadakan diskusi bersama Dewan Pembina Organisasi dan menghasilkan kesepakatan mengganti usulan nama sebelumnya karena nama tersebut dianggap memberikan efek yang mikro terhadap pengembangan dan kemajuan terhadap Fisioterapi. Setelah melalui beberapa pertimbangan maka hasil keputusan kembali menggunakan nama awal yaitu Tim Bantuan Fisioterapi (STERNUM) yang diharapkan sebagai titik acuan bagi pengembangan Fisioterapi di Indonesia. Adapun Filosofi dari nama STERNUM ialah tulang yang terletak ditengah dada dimana tulang rusuk bagian atas menyatu, melindungi organ vital seperti Jantung dan Paru-paru,  serta membantu untuk menstabilkan struktur tulang rusuk yang dimana Para pendiri menyimpulkan bahwa Tim Bantuan Fisioterapi STERNUM adalah sebuah lembaga yang melindungi dan membantu masyarakat yang diharapkan sebagai titik acuan bagi pengembangan Fisioterapi di Indonesia yang turun di bidang Fisioterapi Sport Dan Fisioterapi Disaster untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia sesuai dengan kompetensi Fisioterapi.

 

 …

Program Studi Fisioterapi © 2015 Frontier Theme