SOP Penyelenggaraan Ujian

 

UNIVERSITAS HASANUDDIN Kode / No :
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

PENYELENGGARAAN UJIAN

PROGRAM STUDI  FISIOTERAPI

Tanggal :
Revisi :
Halaman :

 

TUJUAN

Menjamin terlaksananya kegiatan Ujian Akhir Blok UTS/UASyang lancar, tertib dan baik sesuai jadual dan ketentuan yang berlaku.

 

RUANG LINGKUP

SOP Penyelenggaraan UTS/UAS mengatur proses mulai penyusunan jadwal, penugasan pengawas ujian pembuatan dan penggandaan soal, pelaksanaan ujian, sampai penyerahan berkas ujian kepada dosen. SOP ini berlaku bagi penyelanggaraan UTS/UAS di lingkungan Universitas Hasanuddin

 

DEFINISI

  1. Ujian Tengah Semester (UTS) merupakan ujian (evaluasi) hasil belajar mahasiswa yang diselenggarakan di tengah semester (setelah dilaksanakannya pertemuan ke-7 (tujuh) dari 14 (empat belas) pertemuan yang dijadwalkan.
  2. Ujian Tulis Blok  atau Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan evaluasi studi akhir semester yaitu setelah seluruh materi perkuliahan disajikan (sekurang-kurangnya 10 kali pertemuan).
  3. Peserta Ujian adalah para mahasiswa yang registrasi pada semester berjalan dan berhak mengikuti ujian sesuai ketentuan yang berlaku.
  4. Dosen adalah dosen pengasuh atau dosen tim mata kuliah sesuai jadwal yang dibuat oleh Program Studi pada awal semester.
  5. Pengawas adalah staf administrasi/akademik/dosen  yang ditugaskan untuk mengawasi jalannya ujian.
  6. Ujian Susulan adalah ujian bagi mahasiswa yang tidak dapat mengikuti ujian sesuai jadual yang ditentukan karena suatu halangan yang dapat ditoleransi sesuai ketentuan yang berlaku.

 

REFERENSI

Peraturan Akademik Universitas Hasanuddin

Download Link: sop-penyelenggaraan-ujian

Program Studi Fisioterapi © 2015 Frontier Theme