Belajar Histologi dengan multimedia

Histologi merupakan mata kuliah yang mempelajari sel, jaringan, organ dan sistem organ tubuh manusia secara mikroskopis. Dalam kegiatan praktikum histologi selalu menggunakan sarana mikroskop dan preparat histologi. Mempelajari histologi suatu organ tubuh akan menjadi sulit bagi mahasiswa tanpa mengetahui struktur anatomi makroskopis organ tersebut terlebih dahulu. Permasalahan ini terjadi di fakultas kedokteran karena topik perkulihan antara mata kuliah histologi dan mata kuliah anatomi tidak berjalan bersamaan.
Compact Disc (CD) Atlas Histologi Multimedia merupakan solusi permasalahan tersebut, CD Atlas interaktif ini merupakan salah satu wujud aplikasi teknologi informasi multimedia dalam proses pembelajaran histologi secara mandiri. Bahan yang diperlukan untuk pembuatannya adalah preparat histologi, mikroskop fotografi , komputer multimedia dengan CD writer, scanner, CD blank dan program power point, Adobe Photoshop atau Corel Draw. Foto hasil bidikan preparat histologi dengan mikroskop fotografi diolah sedemikian rupa dalam komputer untuk menandai foto dengan keterangan multimedia berupa gambar diam, animasi, rekaman suara serta rekaman video. Hasil akhir di simpan dalam sekeping CD.

CD Atlas Histologi Multimedia akan membimbing mahasiswa secara mandiri untuk memahami jaringan tubuh yang penyajiannya berurutan dari struktur anatomi makroskopis berangsur-angsur secara gradual ke struktur mikroskopis dengan harapan tidak ada interpretasi yang keliru dalam proses pemahamannya. Mahasiswa akan dapat berpraktikum histologi di rumah “kapan saja, dimana saja tanpa tergantung pada mikroskop dan preparat”.

Updated: August 27, 2015 — 2:17 AM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagian Histologi © 2015 Frontier Theme