Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FKUH) telah berkomitmen memberikan pengajaran dan pelayanan kepada seluruh mahasiswanya dengan meningkatkan mutu melalui sistem Manajemen mutu ISO 9001- 2008 agar menghasilkan lulusan yang unggul,mempunyai kompetensi, mampu bersaing dan siap berkompetisi dalam masyarakat global secara prima.
Setelah dilakukan audit internal pada tanggal 16 s/d 18 Januari 2013 yang bertujuan memeriksa kembali secara intern pengendalian dokumen dan rekaman yang dilakukan dalam prosedure kerja apakah telah dijalankan secara konsekwen berdasar standar manajemen mutu maka pada tanggal 31 Januari 2013 dilanjutkan dengan audit eksternal dari pihak VNZ diwakili oleh Bapak Eddie Budianto ( Surveillance Visit VNZ) untuk melihat, memperbaiki, penilaian kembali apakah Sertifikat ISO yang telah diberikan masih dapat diberlakukan atau tidak dilingkungan kerja FKUH.
Masih dengan lingkup penilaian yang bersifat suatu temuan, kritikal, mayor, minor dan berupa observasi , maka dalam opening audit eksternal yang dibuka oleh Wakil Dekan I FKUH, Prof. dr. Budu,Sp.M (K),Ph.D ,didampingi oleh Kepala Tata Usaha FKUH, Ir. A. Muh.Darwin mengatakan bahwa peranan manajemen mutu berdasar ISO sangat berpengaruh dalam hal kepentingan penilaian akreditasi dan kualitas kerja yang rencana akan diperluas cakupan ISO tidak hanya pada QMR, unit Komisi Etik Penelitian, Akademik, Faal, dan PPDS yang mempunyai peranan penting dalam hal pelayanan tetapi nantinya diharapkan semua bagian mengikuti alur dari manajemen mutu berstandar ISO 9001-2008.
Dari hasil audit eksternal ini pada saat closing yang dihadiri oleh Wakil Dekan II, Dr.dr.Irfan Idris,M.Kes, sebagai QMR ISO FKUH, Koordinator AMI, dr. Saidah Syamsuddin,Sp.J(K), dan semua tim ISO disampaikan beberapa hal yang belum terpenuhi dibeberapa bagian komisi etik, faal dan PPDS dan bersifat observasi dan disarankan perlu diadakan kursus untuk dokumen kontrol,karena banyak revisi dalam hal prosedure peninjauan dokumen yang sebaiknya dilakukan perbulan ; Auditor internal sebaiknya turut serta mendampingi audit eksternal supaya dapat belajar cara mengaudit baik secara internal dan eksternal ; untuk penggantian pengelola karena mutasi sebaiknya penggantinya terlebih dahulu ditraining untuk ISO; penggunaan scanner untuk pengarsipan (paper less) dan diharapkan lebih perduli lagi pada pelayanan kemahasiswaan dimana kotak saran bisa berperan sebagai media komunikasi,memberi info sebagai masukan dan dapat bercerita tentang kelancaran , efektifitas prosedur dikarenakan FKUH telah berstandar ISO. (10RI_Jan13)
Last Updated (Tuesday, 12 February 2013 05:50)