Sambutan Ketua Departemen

Pendidikan Dokter Spesialis merupakan perpaduan pendidikan akademik yang bercirikan pendalaman ilmu melalui berbagai kegiatan akademik dan pendidikan keprofesian yang bercirikan pencapaian kemampuan profesi melalui serangkaian pelatihan keprofesian yang didukung oleh dasar akademik yang kuat. Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Dokter Spesialis terdiri dari: Materi Akademik dan Materi Keprofesian, yang ke duanya merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Materi akademik merupakan fondasi atau dasar pencapaian keprofesian dalam suatu proses pendidikan menjadi dokter spesialis.
Berdasarkan hal-hal tersebut di atas maka disusunlah Buku Panduan Pendidikan Dokter Spesialis Anak Fakultas Kedokteran Unhas tahun 2011, yang merupakan penyempurnaan Buku Panduan sebelumnya tahun 2009. Buku Panduan ini juga mengacu pada Standar Pendidikan Dokter Spesialis Anak dari Kolegium Ilmu Kesehatan Anak Indonesia dan Standar Pendidikan Dokter Spesialis yang diterbitkan oleh Konsil kedokteran Indonesia.
Sejak Bulan Juli 2004 oleh Program Pascasarjana Unhas telah memberlakukan suatu program Combined degree untuk pendidikan dokter spesialis di Unhas. Sehingga lulusan pendidikan dokter spesialis ini akan mendapatkan 2 gelar yaitu Magister kedokteran dan Dokter spesialis. Program Combined degree merupakan suatu upaya yang memadukan pendidikan akademik dan keprofesian secara komprehensif dan integrasi.
Dalam buku Panduan ini menjelaskan kurikulum yang sudah menerapkan kaidah-kaidah pendekatan universal pendidikan tinggi bidang keprofesian (profesional higher education) berbasis kompetensi (competency-based curriculum) seperti student centered learning, elective posting, self-directed learning, problem solving oriented, integrated teaching, case based discussion, community oriented, dan menerapkan EBP (evidence base practice).
Dalam buku Panduan ini juga menjelaskan Struktur kurikulum, pelaksanaan pendidikan, lama pendidikan, evaluasi hasil pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan. Buku Panduan ini menjadi acuan yang penting bagi para peserta didik, para pendidik dan tenaga administrasi PPDS Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Unhas.
Akhir kata disampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Tim Penyusun Buku Panduan ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberi rahmat dan petunjukNya kepada kita semua.

Ketua Program Studi Ilmu Kesehatan Anak
Fakultas Kedokteran UNHAS
Prof.Dr.dr. H. Dasril Daud, Sp.A(K)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagian Ilmu Kesehatan Anak © 2015 Frontier Theme