18 April 2024

pelatihan kepemimpinan pelatihan kepemimpinan2Makassar, 17 – 19 Februari 2012 bertempat  dipantai wisata galesong diadakan pelatihan kepemimpinan bagi staff dosen muda dilingkungan fakultas kedokteran yang dihadiri pula beberapa staff fakultas lainnya.

Pelatihan   dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Prof.dr. Irawan Yusuf,Ph.D  yang memberi  kata sambutan  serta narasi  kepemimpinan dimasa lalu  dizaman perjuangan  mahasiswa kedokteran yang menjadi tonggak sejarah kebangkitan nasional hingga kemerdekaan  yang dilakoni pahlawan Budi Utomo dan Wahidin Sudirohusodo.

Beliau berharap dengan adanya pelatihan kepemimpinan ini ada perubahan pada krisis profesionalisme yang menghilangkan rasa sensitivitas , membentuk karakter yang penuh percaya diri , bekerja keras, berpengetahuan, memiliki rasa kasih sayang , berjiwa pemimpin yang berattitude terhadapa pekerjaan dan hidup.

Pelatihan kepemimpinan yang belangsung selama tiga hari ini diisi dengan materi materi yang padat yang membahas  delapan pokok bahasan : Tujuan pelatihan, kepemimpinan, pengambilan putusan, action learning, learning organization, komunikasi, manajemen konflik, dan kinerja kelompok, yang kesemuanya dibagi menjadi  Sembilan sesi yang juga diselingi permainan yang lucu oleh Prof.Dr. W.I.M.Polly  sebagai pemateri selama tiga hari pelatihan .

Masalah  kompleks dibidang kesehatan  tidak bisa diselesaikan  dengan instruksi  tetapi harus dibarengi tindakan , focus , langsung kearah permasalahan dan sebagai seorang dokter harus mampu menyelesaikan masalah kesehatan dimanapun mereka bekerja dan ini menuntut bagaimana seorang dokter mampu membawa diri, membawa nama institusi, membawa nama bangsa ke dunia Internasional.

Kebenaran kecil oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Prof.dr. Irawan Yusuf,Ph.D tentang seorang pemimpin adalah harus memiliki kerja keras, pengetahuan, rasa kasih sayang, sedikit keberuntungan, dana atau uang , rasa kepemimpinan, dan attitude terhadap kerja dan hidup.
“Change your attitude and your change your life “(10RI_210212)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *