29 March 2024

SAMSUNG DIGIMAX A503Rabu, 24 Juni 2009, Pukul 14.00 Wita , bertempat di ruang senat Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FKUH,red) berdasarkan Surat Keputusan Dekan FKUH  diadakan pelantikan Badan Pengurus TBM Calcaneus periode 2009/2010 yang mengakhiri masa jabatan pengurus sebelumnya untuk periode 2008/2009.

Tim Bantuan Medis Calcaneus yang pada saat ini berjumlah 678 orang adalah wadah mahasiswa dan dokter-dokter mengekspresikan  karunia  Tuhan atas kompetensi mereka menjadi tulang tumit(baca:Calcaneus) untuk menjadi topangan untuk memberi bantuan medis bagi yang membutuhkan dengan rasa persaudaraan,dan demi rasa kemanusiaan.

Pelantikan ini dihadiri oleh pihak rektorat yang diwakili oleh Pembantu Rektorat III, Dr.Ir.Nasaruddin Salam MT bersama pihak Fakultas yang juga diwakilkan oleh Pembantu Dekan III,Prof.Dr.dr.Andi Asadul Islam,Sp.B beserta para undangan dari  fakultas lainnya, fakultas tehnik, kelautan,MIPA,Kehutanan, Pertanian, Oraganisasi pencinta alam,organisasi Penanggulangan bencana alam,Perbakin, HMI,UMI,UNM,dan lainnya.

Dengan menyanyikan lagu Mars Unhas dan Mars TBM sebagai ritual yang kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara serah terima jabatan oleh Ketua badan pengurus TBM Calcaneus periode 2008/2009 yaitu sdr.Riswan Idris  kepada sdr.Moh.Fauzy Awad,sebagai ketua badan pengurus  periode 2009/2010.

Adapun  harapan  dan sebagai laporan pertanggungjawaban atas acara  pelantikan ini oleh ketua TBM periode 2009/2010 menganggap ini sebagai proses regenarasi , pergantian demi pergantian badan pengurus adalah suatu yang wajar asal sesuai visi,misinya dan dapat dilakukan secara bertahap untuk meningkatkan kemampuan medis,dengan dukungan dana dan sarana-prasarana serta meningkatkan  hubungan eksternal.

Oleh Ketua TBM periode 2009/2010 berharap  dapat  meningkatkan hubungan eksternal sebagai penunjang untuk turun langsung  kemasyarakat yang membutuhkan bantuan, juga peningkatan sarana dan prasarana, serta mengadakan pelatihan yang meningkatkan kemampuan medis para civitas akademika.

Saat ini  TBM dalam hubungan eksternalnya didukung fasilitas Ambulans dan telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan serta unit emergensi lainnya seperti PSC,SAR,dan Tagana.
Dalam kata sambutan oleh Prof.Dr.dr.Andi Asadul Islam,Sp.B sebagai PD III mengucapkan selamat atas terpilihnya Ketua dan Badan pengurus TBM yang baru. Beliau hanya berpesan agar kiranya apa yang telah dicapai  bisa lebih baik  dari hari kemarin . Karena tak pandai berkata kata menurut beliau hanya bisa memberi nasehat agar ‘belajarlah  membaca dengan bersuara ‘ mengapa? Karena  dengan demikian dua indera kita bekerja, kita bisa  membaca dengan mata  juga dengan telinga. Walaupun nasehat dan kata kata beliau melompat-lompat bisa diambil hikmah dari pembelajaran seperti itu  belajar peka kepada orang yang membutuhkan pertolongan,membantu meringankan beban orang pakailah mata , telinga , dan bekerja  sepenuh hati.

Sambutan oleh Dr.Ir.Nasaruddin Salam MT, PR III sebagai wakil dari rektorat selain mengucapkan selamat,juga menggaris bawahi dua hal yang bermakna yang harus diaplikasikan dalam pelaksanaan organisasi TBM, menghayati Mars TBM dan Nilai nilai yang ada pada sumpah jabatan.  Untuk melangkah kedepan kadang perlu spion layaknya motor untuk melihat kebelakang. Besar harapan  Tim Bantuan Medis selalu siap memberi bantuan kepada siapa saja ,dengan persaudaraan,demi kemanusiaan,jayalah TBM !
(10-RI, Juni 2009)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *