Lokakarya Inklusif Disabilitas : Membangun Layanan Kesehatan Mata yang ramah bagi Orang dengan Disabilitas

DSC_4067DSC_4022 DSC_4154 DSC_4225 DSC_4234Makassar, 20 – 22 April 2015 bertempat di RSP. Unhas ,lantai IV Gedung A diselenggarakan Lokakarya penanganan dan pelayanan bagi penyandang disabilitas.
Disabilitas sendiri bukanlah suatu penyakit , hanya merupakan gangguan keterbatasan aktivitas dan partisipasi dalam berinteraksi masyarakat tempat mereka tinggal , yaitu penyandang cacat Tuna Netra , Tuna Rungu , Tuna Wicara yang termasuk kategori disabilitas fisik yang mempunyai kesempatan sama dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan.
Departemen Ilmu Kesehatan Mata , bekerja sama dengan Foundation dari Jerman cbm (Christoffel Blindenmission) dan RSUD. Bulukumba , mengadakan Lokakarya Insklusif Disabilitas yang bertemakan “ Membangun Layanan Kesehatan Mata “ yang ramah bagi orang dengan disabilitas.
Dengan jumlah peserta kurang lebih dari lima puluh peserta undangan turut hadir , Direktur RSUD dan ka.Dinas Kesehatan, dokter Spesialis, dokter PKM, hingga perawat dari Kabupaten Bulukumba, yang sangat antusias meningkatkan pelayanan rumah sakit mereka bagi orang dengan disabilitas .
Begitupun halnya dengan para dokter spesialis mata RS. Unhas yang hadir , Residen Ilmu Kesehatan Mata FK-Unhas, Perawat rawat inap mata RS.unhas, petugas Apotik , petugas administrasi poli mata, security poly mata hingga cleaning service RS.Unhas diberi kan pelatihan dan pembekalan bagaimana menangani dan melayani orang dengan disabilitas.
Berbagai tips, hasil diskusi dari orang disabilitas dengan para peserta lainnya, saran dan pelatihan yang diberikan oleh pihak cbm selama tiga hari baik mengenai topik peningkatan pelayanan dengan mengadakan training konseling dari disfabel untuk disfable yang berpengalaman , sampai perlunya diadakan MOU dengan Rumah Sakit dengan melibatkan mahasiswa untuk mensosialisasikan pelayanan RS bagi orang disable , dengan hasil lokakarya ini diharapkan dapat membuahkan hasil yang maksimal dan dapat segera diimplementasikan di RS.Unhas sebagai bentuk kepedulian dan komitmen tidak ada seorangpum yang terlupakan dan senantiasa memperhatikan kebutuhan orang lain. (10RI)

Check Also

From Parasitsm to Mutualism , Prof . Dr. Maria Yazdanbakhsh

Makassar, 12 Mei 2017 bertempat di Auditorium Lantai II RSP. Universitas Hasanuddin menjadi saksi acara ...

Kuisioner Persepsi dan Perilaku Mahasiswa FKUNHAS Angk. 2014, 2015 Dan 2016 Terkait Perilaku Kecurangan Akademik

CLICK HERE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*