Penjaminan Mutu

A.Konsep

1.Pengertian mutu secara umum adalah kesesuaian dengan standar, kesesuaian dengan harapan stakeholder, ataupemenuhan janji yang telah diberikan. Mutu pendidikan di Departemen Obstetri Ginekologi Universitas Hasanuddin dimengerti sebagai pencapaian tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan yang telah ditetapkan sesuai rencanastrategis dan standar akademik. Pencapaian tujuan inimenyangkut aspek masukan, proses, dan keluaran, serta nilaidan derajat kebaikan, keutamaan, dan kesempurnaan.

2.Mutu pendidikan di Departemen Obstetri Ginekologi Universitas Hasanuddin bersifat proaktif dalam arti bahwa lulusan Departemen Obstetri Ginekologi Universitas Hasanuddin mampu secara terus-menerus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta realitas sosial-budaya yang terus berkembang secara dinamis. Mutu pendidikan di Departemen Obstetri Ginekologi Universitas Hasanuddin juga mencakup aspek pelayanan administratif, sarana/prasarana, organisasi, dan manajemen yang dapat memenuhi harapan sivitas akademika dan masyarakat

3.Sistem penjaminan mutu akademik di Departemen Obstetri Ginekologi Universitas Hasanuddin dirancang dan dilaksanakan untuk dapat menjamin mutu gelar akademik yang diberikan. Hal ini berarti bahwa sistem penjaminan mutu harus dapat menjamin bahwa lulusan akan memiliki kompetensi yang ditetapkan dalam Panduan profesi Kolegium Obstetri dan Ginekologi.

B.Penerapan

1.Departemen Obstetri Ginekologi Universitas Hasanuddin menerapkan penjaminan mutu akademik yang berjenjang. Pada tingkat Departemen Obstetri Ginekologi Universitas Hasanuddin dirumuskan kebijakan akademik ,standar akademik, manual mutu akademik Departemen Obstetri Ginekologi Universitas Hasanuddin serta audit mutu akademik secara berkala. Pada tingkat program studi dirumuskan kompetensi lulusan dan spesifikasi program studi serta dilakukan evaluasi diri.

2.Dalam pengembangan dan penerapan sistem penjaminan mutu,Departemen Obstetri Ginekologi Universitas Hasanuddin memilih pendekatan FEE (Facilitating, Empowering and Enabling) sesuai Pedoman Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi -Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat JenderalPendidikan Tinggi 2003

3.Pelaksanaan penjaminan mutu akademik di Departemen Obstetri Ginekologi Universitas Hasanuddin dijelaskan secara lebih rinci dalam Manual Prosedur Audit Mutu Akademik Internal Departemen Obstetri Ginekologi Universitas Hasanuddin.

Check Also

Tracer Studi Alumni Departemen Obstetri Ginekologi Fakultas Kedokteran UNHAS

Memuat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *