Pelatihan Dasar Etik Penelitian Kesehatan KEPK – FKUH

pelat komitek2DSC_1696

Makassar, 20 September 2014 bertempat di Gedung F Rumah Sakit Pendidikan Hasanuddin diselenggarakan Pelatihan Dasar Etik Penelitian Kesehatan oleh Komisi Etik Penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin(KEPK-FKUH).
Acara ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta pelatihan tentang berbagai aspek Etik Penelitian Kesehatan ,  meningkatkan kemampuan peserta pelatihan dalam proses ethical review ,  memasyarakatkan prinsip-prinsip dasar etik penelitian kesehatan, dan  mensosialisasikan cara dan mekanisme pengajuan Etical Review.
Diikuti kurang lebih tiga ratusan peserta yang antusias menyimak materi materi yang dikemas manis oleh anggota (KEPK-FKUH) sebagai pemateri .
Adapun   pemateri yang hadir adalah Prof. dr. Nasrum Massi,Ph.D ( Pengantar Etik Penelitian Kesehatan dan Komisi Etik Penellitian Kesehatan) Wakil Dekan III  (Sub.Bag. Kemahasiswaan) sekaligus mewakili Dekan FKUH , Prof.Dr.dr. Andi Asadul Islam,Sp.Bs membuka acara Pelatihan Dasar Etik . Selanjutnya Prof.dr. Veni Hadju,M.Sc,Ph.D,Sp.GK ( Aspek Etik dalam Penelitian Epidemiologi ), Dr. Uleng Bahrun,Ph.D,Sp.PK(K) (Etika dalam Penelitian Uji Klinik pada Manusia ) , dr. Agussalim Bukhari ,M.Med,Ph.D,Sp.GK(K) (Etika Penelitian Obat dan Pengobatan Tradisional) , Dr. A. Much. Ichsan,Ph.D,Sp.M ( Persetujuan setelah Penjelasan (PSP)/ Informed Consent ) , dr. Berti Nelwan,Sp.PA, DFM (Etik Penelitian Genetika dan BBT ), Prof.Dr.drh. Ratmawati Malaka,M.Sc ( Etik Penggunaan Hewan Percobaan dalam Penelitian Kesehatan.
Acara yang berlangsung seharian penuh ini diselenggarakan tanpa memungut bayaran bagi para peserta , dan mereka diharapkan dapat mengambil banyak manfaat dari pelatihan ini dan melahirkan peneliti peneliti baru yang dapat  mempublikasikan penelitian mereka, tidak hanya sebatas meneliti . Sukses (10RI)

Check Also

From Parasitsm to Mutualism , Prof . Dr. Maria Yazdanbakhsh

Makassar, 12 Mei 2017 bertempat di Auditorium Lantai II RSP. Universitas Hasanuddin menjadi saksi acara ...

Kuisioner Persepsi dan Perilaku Mahasiswa FKUNHAS Angk. 2014, 2015 Dan 2016 Terkait Perilaku Kecurangan Akademik

CLICK HERE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*