Sambutan Ketua

Program pendidikan profesi dokter (PPD) merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan dokter.  Mahasiswa yang telah menyelesaikan tahap sarjana (academic phase) akan memasuki tahap praktek klinis (clinical phase).  Pada tahap ini mahasiswa program profesi dokter (MPPD) mengaplikasikan secara langsung seluruh ilmu yang didapat dari fase akademik dibawah bimbingan dan supervisi dari dosen Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.

Sebelum memasuki program rotasi klinik, MPPD diberikan pembekalan keterampilan dasar  meliputi etika profesi, komunikasi efektif, Basic Life Support, Patient Safety dan dasar-dasar pemeriksaan klinis. Kemudian MPPD menjalani rotasi klinik di 18 departemen dan diharapkan selesai dalam waktu 22 bulan. Setelah selesai menjalani secara penuh seluruh rotasi klinik, maka MPPD akan mengikuti ujian komprehensif sebagai syarat mengikuti UKMPPD.  Setelah lulus ujian UKMPPD dilakukan Yudisium sebagai tanda kelulusan.

Setelah melalui semua tahapan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, diharapkan MPPD mempunyai   kompetensi utama sebagai dokter umum yaitu patient care, medical knowledge, skill, Interpersonal Communication, Practice Based Learning dan professionalism.

Program Pendidikan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin  selalu menerapkan cara pembelajaran yang tepat dan efektif, dengan harapan dapat meningkatkan mutu hasil pembelajaran dan luaran serta meningkatkan angka kelulusan tepat waktu.

 

Makassar, Januari 2016
Ketua Program Studi Profesi Dokter

Dr. dr. Prihantono, Sp.B (K).Onk