Latar Belakang dan Sejarah

unhas_logoSejarah lahirnya Program Studi Magister Ilmu Keperawatan (PSMIK) Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin  diawali dengan pengembangan Program Aliansi Pascasarjana Antar Perguruan Tinggi oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia tahun 2009-2014 yang bertujuan untuk mengembangkan pendidikan program magister di daerah dan meningkatkan kualifikasi akademik dosen perguruan tinggi untuk mencapai jenjang S2.
Jumlah institusi Pendidikan Keperawatan yang semakin meningkat, namun tidak dibarengi dengan kualifiaksi dosen pengajar yang sebagian besar masih berkualifikasi S1, mendorong  Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UI sebagai Perguruan Tinggi Pembina dan Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sebagai Perguruan Tinggi Mitra bekerja sama untuk  mendapatkan Hibah Program  tersebut. Berdasarkan surat kontrak nomor 2284.10/D4.2/2009 Dirjen Dikti Depdiknas, maka diselenggarakanlah Program Aliansi antara FIK UI dengan PSIK FK Unhas.

Program Studi Magister Ilmu Keperawatan ini, ditubuhkan pada Fakultas Kedokteran  Unhas. Berdasarkan  SK Mendiknas RI no 212/D/O/2010 tertanggal 9 Desember 2010,   maka PSMIK FK Unhas  mulai membuka penerimaan mahasiswa baru pada tahun ajaran 2011/ 2012 bagi lulusan Ners,  terutama yang merupakan  dosen-dosen Institusi Pendidikan Keperawatan. Penyelenggaraan  pengajaran PSMIK FK Unhas, tahun 2010 sampai 2011 berada dibawah pembinaan dari FIK UI. Dosen  pengajar di PSMIK FK Unhas saat ini berasal  dari PSIK FK Unhas, FK Unhas dan FKM Unhas, FE Unhas serta dari  FIK UI.
Program Studi Magister Ilmu Keperawatan FK Unhas, saat ini baru  memiliki 1 konsentrasi yaitu manajemen keperawatan, namun karena tuntutan masyarakat yang meningkat terhadap pelayanan keperawatan professional dan merujuk pada kebijaksanaan pengembangan tenaga kesehatan di Indonesia seperti tercantum dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN), maka penyelenggara PSMIK FK Unhas merencanakan pembukaan konsentrasi di bidang ilmu keperawatan spesialis medikal-bedah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*