pengertian radiologi

Radiologi adalah cabang ilmu kedokteran yang menggunakan energi pengion dan non pengion untuk kepentingan imajing diagnostik dan terapi.

Standard Profesi adalah kriteria kemampuan (knowledge, skill and professional attitude) keahlian spesialistik minimal yang harus dikuasai oleh individu untuk dapat melakukan kegiatan profesinya di masyarakat secara mandiri.

Sertifikasi adalah pemberian pengakuan terhadap dokter yang telah memenuhi standar profesi.

 Sertifikasi ulang adalah pengakuan telah melakukan penyesuaian kemampuan profesional secara periodik.

Dokter Spesialis Radiologi adalah dokter yang mempunyai sertifikasi spesialis radiologi yang mampu melakukan pemeriksaan dengan peralatan radiologi sesuai Kurikulum Program Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia dan telah dinyatakan lulus ujian nasional.

Dokter Spesialis Radiologi Konsultan adalah dokter spesialis radiologi yang mempunyai kompetensi dalam bidang tertentu dari cabang ilmu radiologi sesuai dengan bidang keahliannya.

 Radiologi merupakan suatu ilmu tentang penggunaan sumber sinar pengion dan non-pengion , yang biasa digunakan adalah sinar X. Bidang bidang dalam radiologi kita mengenal ada RADIODIAGNOTIK , RADIOTERAPI , KEDOKTERAN NUKLIR , USG (ULTRASONOGRAFI) , MRI (MAGNETIK RESONANCE IMAGING) . Mari kita lanjutkan penjelasan tentang satu persatu.

1. Radiodiagnostik : merupakan salah satu cabang ilmu radiologi yang memanfaatkan sinar pengion untuk membantu diagnosa dalam bentuk foto yang didokumentasikan.

2. Radioterapi : merupakan salah satu terapi penyakit terutama untuk penyakit seperti tumor yang mengalami keganasan dengan sinar radioaktif.

3. Kedokteran Nuklir : merupakan bidang kedokteran yang memanfaatkan materi radioaktif untuk menegaskan diagnosa dan mengobati penderita serta mempelajari penyakit manusia.

4. USG : ultrasonografi merupakan penggunaaan gelombang suara frekuensi tinggi untuk membantu diagnosa.

5. MRI : merupakan teknik diagnosa yang memanfaatkan medan magnet dan gelombang frekuensi

 

Leave a Reply

Bagian Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin