Sejarah Bag. Radiologi

Berdirinya Bagian Radiologi FK-Unhas tidak dapat dilepaskan oleh jasa para Radiolog yang pernah bertugas di Makassar pada era tahun 60-70an. Meraka adalah Dr. Gani Ilyas, yang pensiun sebagai Guru Besar FKUI dan bertugas di Makassar. Juga Dr. Sukonto, mantan Dekan FKUH yang menetap sampai awal tahun 70-an.

Bagian Radiologi pertama kali menerima peserta pendidikan pada tahun tahun 1972 yaitu dr. I Nyoman Djigeh yang menjalani pendidikan di FK-Unhas selama 2 (dua) tahun dan menyelesaikan sisa pendidikan di FK-UI. Peserta pendidikan Radiologi selanjutnya adalah dr. Sjahril Iljas yang juga menjalani pendidikan di FK-Unhas dan sebagian di FK-UI.

Pada tahun 1976 dr.Misbahuddin Adnan yang selesai menjalani pendidikan di FK-UI diangkat menjadi Ketua Bagian Radiologi RS.Dadi menggantikan dr. I Made Suarda dan kemudian melanjutkan kepemimpinan di Bagian Radiologi FK-Unhas. Selanjutnya Bagian Radiologi FK-Unhas mendapatkan tambahan tenaga Radiolog yaitu dr. S.J.Jobs, Sp.Rad yang menyelesaikan pendidikan di FK-UNAIR Surabaya. Sejak saat itu Bagian Radiologi FK-Unhas rutin menerima peserta pendidikan diantaranya dr.H.M.Arief Gella dan dr. Frans Liyadi pada tahun 1977 dan dr. Bachtiar Razak pada tahun 1978.

Pada tahun 1984, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia menerbitkan Katalog Program Studi Radiologi yang di dalamnya tersirat bahwa Bagian radiologi FKUH tergolong ke dalam Pusat Pendidikan Radiologi Nasional dengan Kategori IIB; Bisa melaksanakan pendidikan Diagnostik Umum (Konvensional) dan Diagnostik Imaging.

Pada tahun 1987 dimana masa kepemimpinan Prof.dr.Misbahuddin Adnan, Sp.Rad, dr.Mukramin Amran mengikuti seleksi PPDS FK-UI dan menjalani pendidikan selama 3 tahun di FK-Unhas dan 1 (satu) tahun di FK-UI.

Pada tahun 1988, Bagian Radiologi FK-Unhasdi visitasi dan ditetapkan sebagai pusat pendidikan PPDS baru dan dapat melakukan pendidikan Dokter Spesialis Radiologi secara penuh. Dan selanjutnya pada tahun 1989 telah menerima peserta pendidikan pertama atas nama dr. Muhammad Ilyas dengan masa studi sepenuhnya dilaksanakan di FK-Unhas dan finishing  9 (sembilan) bulan di FK-UI.

Sejak saat itu, pendidikan Radiologi dilaksanakan secarapenuh dengan mengacu kepada kurikulum yang telah ditetapkan oleh Kolegium Radiologi Indonesia.

Leave a Reply

Bagian Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin