Rapat Senat 2009

 Tema  :  Rapat Senat 2009
 Hari /Tanggal  :  Kamis/22 Januari 2009
 Tempat  :  Ruang Senat  lt.2 Fakultas Kedokteran
 :  Universitas Hasanuddin (UNHAS)

270109_rapat_senatRapat senat yang diselenggarakan  setiap tahunnya di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin(FKUH)  dihadiri oleh semua kepala bagian  dan pimpinan  serta wakil dari mahasiswa sebagai penikmat terjadinya peningkatan atmosfir akademik yang diwarnai berbagai proses pembelajaran dan kegiatan lainnya.

Prof. Dr.dr. Idrus A.Paturusi sebagai Rektor Universitas Hasanuddin ,memberikan gambaran program kegiatan  dan apa yang telah dicapai ditahun kemarin dan apa yang menjadi sasaran peningkatan kualitas mutu FKUH saat ini berdasarkan standar Universitas Kelas dunia.

Dengan bentuk Badan Layanan Umum dan Anggaran ditahun 2009 ini  sasaran yang akan dicapai di fokuskan dibidang pendidikan dalam hal sarana dan prasarana penyelenggaraan pendidikan berstandar Internasional.
Sasaran mutu  dimaximalkan  pada peningkatan pelayanan dengan memberikan pelatihan bagi petugas kesehatan dan fasilitas ruang dibeberapa bagian dengan mengadakan renovasi  dan menyediakan fasilitas dan ruang baru sebagai  Fokus pengembangan pendidikan yang bersifat clinik dan penelitian basic.
Pembangunan Rumah Sakit  (Privat Wing )  yang akan rampung September 2009 dimana Universitas Hasanuddin sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang satu-satunya punya Rumah Sakit Sendiri.
270109_rapat_senat2Selain itu  dibahas pula Status Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum  oleh dr. Wardihan Sinrang sebagai Pembantu Rektor II (bidang Keuangan) UNHAS yang menyampaikan agar memanfaatkan anggaran rencana bisnis  dan pemanfaatan yang tergantung dengan rencana anggaran dari tiap unit kerja, serta kelengkapan berkas/dokumen –dokumen pendukung.

Namun  untuk mencapai keberhasilan, kekurangan pada pelaksanaan program perlu perhatian khusus agar terjamin mutunya dan efektif.

Prof.Dr.Irawan Yusuf  , Dekan Fakultas Kedokteran  UNHAS  sebagai moderator membuka diskusi  yang  disambut antusias dengan masalah Fokus pengembangan  pendidikan yang diseimbangkan antara  pendidikan Klinik dan Preklinik, saran modifikasi kelas internasional dengan bahasa pengantar,standar kompetensi  staff pengajar  dan Kompetensi Mahasiswa .
Masalah –masalah untuk mencapai standar internasional tetap ada, pelaksanaan transformasi  metode pembelajaran memang dibutuhkan kreativitas dari  mahasiswa dan alumni sendiri sebagai orang yang berahlak dan berwawasan global yang menguasai Ilmu Tekhnologi terkini untuk menggunakan fasilitas yang disediakan.
Standarisasi  kompetensi seorang dosen memang penting hanya saja yang terpenting transfer ilmu yang didapat  para mahasiswa tercapai atau tidak. Prestasi  mahasiswa  tergantung pihak  fakultas untuk mendidik memajukan  perkembangan  ilmu kedokteran.

Walaupun ada komentar miring tentang sistem pelayanan, sarana-prasarana,ataupun transformasi metode pembelajaran dan lain sebagainya .Transparansi , perbaikan  dan peningkatan mutu secara berkelanjutan  sudah seharusnya’ teutep’  berjalan  sebagai proses.

Bagi mahasiswa yang tidak merasa puas dengan apa yang diupayakan  secara transparansi dapat mengajukan protes secara intelektual  yang menunjukkan kelas mahasiswa yang dapat dibanggakan secara Internasional  dan mencari  solusi terbaik dari letak masalah sebenarnya.

Semoga  Tahun 2009 ini  apa yang semua di rencanakan,dicita-citakan, diusahakan, dapat terwujud.

Check Also

Workshop Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2017

Makassar, 23 – 24 September 2017 bertempat Dalton Hotel Jl. Perintis Kemerdekaan KM16 , Ball ...

Penyerahan Dana Bantuan Yayasan Medika Makassar untuk Mahasiswa

Makassar, tertanggal 30 Agustus 2017 bertempat diruang Wakil Dekan II Lantai I , Fakultas Kedokteran ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*