Seribu (1000) hari awal kehidupan : Gerakan Kampus Mengawal Generasi

foto rame2

Makassar, tepatnya tanggal 23 November 2014 bertempat di Gedung Auditorium Ahmad Amiruddin diadakan peresmian Program dan Festival Edukasi 1000 Hari Awal Kehidupan yang diselenggarakan  oleh Universitas Hasanuddin sebagai rangkaian kegiatan  memperingati Hari Kesehatan Nasional 2014 dan Ulang Tahun Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.
Program  yang merupakan gerakan turun tangan  kampus untuk ikut mengawal periode emas 1000 hari awal kehidupan bagi ibu hamil dari keluarga pra sejahtera dapat melahirkan  generasi yang sehat dan berkualitas yang diharapkan menjadi  generasi  pemimpin bangsa selanjutnya, hal ini disampaikan Dr.dr. Maisuri T.Chalid,Sp.OG(K) dalam Laporannya sebagai Koordinator Program 1000 Hari.
Program yang didukung  oleh  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional menghadirkan Prof.dr. Fasli Jalal,Ph.D,Sp.GK dalam  penguatan program Keluarga Berencana dalam periode 1000 hari awal kehidupan.   Dan paparan selanjutnya hadir dari Menteri Ristek dan PendidikanTinggi Prof. Drs.M.Nasir,MSi,Ak,Ph.D mengenai  mewujudkan indonesia sehat melalui kolaborasi   riset  dan penguatan jejaring perguruan tinggi.
Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek,Sp.M(K) yang juga hadir bersama  Ibu Rektor Prof. Dwia Ariestina Pulubuhu,MA setelah kunjungan acara dari  Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo berkesempatan  memukul  Lima Gendang bersama Dekan Fakultas Kedokteran, Prof.Dr. dr. Asadul Islam,Sp.BS , Ibu Rektor , Prof.dr. Fasli Jalal,Ph.D,Sp.GK , Wakil Menteri Ristek dan PendidikanTinggi , dan wakil dari Mahasiswa sebagai symbol untuk meresmikan dan menyampaikan  sambutannya tentang Pencapaian  Indonesia & Pembelajaran  menyongsong SDGs (Sustainable Development Goals ) 2030 , meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia  (NawaCita).
Acara berlangsung cukup meriah dengan  stand  pameran dari Obgyn untuk pemeriksaan ibu hamil , Fisiotherapy dengan senam hamilnya  serta stand pameran Bagian Ilmu Kesehatan Anak , dan kehadiran ibu  ibu hamil  yang didampingi mahasiswa .
Tak lupa  juga hadir  Bapak Rektor Unhas Periode sebelumnya ,Prof. Dr.dr. Idrus Paturusi,Sp.BO, Prof. dr. Irawan Yusuf,Ph.D, Pencetus dan penggagas program 1000 Hari  yang juga adalah Dekan  periode sebelumnya , Prof. Dr. Muh. Ali, SE., MS. (Wakil II Rektor Unhas) , Prof. dr. Budu, Ph.D, Sp.M (K), M. MedEd (Wakil Rektor IVUnhas),Dr. Syafri Kamsul Arif, Sp. An (Wakil Dekan II FK Unhas),Prof.dr.Muh. Nasrum Massi, Ph.D (Wakil Dekan III FK Unhas) dan tamu pejabat undangan lainnya dari instansi terkait seperti  BKKBN Makassar, Gubernuran , Pemerintah Kota, dan Puskesmas Sul-Sel .
Terngiang diakhir kata sambutan Dr.dr. Maisuri T.Chalid,Sp.OG(K) yang mengatakan sejak Tahun 2012 Program yang merupakan Mutiara yang tersimpan sudah saatnya dimunculkan . Unhas mempunyai mutiara yang luar biasa yang harus ditularkan keseluruh Indonesia .
Sukses  bagi   para pelopor , supervisor, mentor (81 Mahasiswa) bersama 310 mahasiswa (adik asuh) Laskar Pelangi , Pengawal Generasi  . (10RI)

Check Also

Pelatihan Mentor II dan Sosialisasi Persamaan Persepsi Supervisor Program 1000 Hari Awal Kehidupan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Ruang Lecture 5 Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FKUH) tepatnya pada tanggal  01 November 2014  dilaksanakan ...

Pelatihan Mentor Program 1000 Hari Awal Kehidupan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Program mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran Unhas Makassar  yang telah diusung  dari tahun 2011 yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*