Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

VISI

Menjadi Pusat Pendidikan Dokter Spesialis Anestesi, Terapi Intensif dan Manajemen Nyeri yang unggul  di tingkat nasional dan berwawasan internasional berlandaskan jiwa maritim pada tahun 2020.

Unggul di tingkat nasional:

IPDS Anestesi Unhas memiliki kapasitas Sumber daya manusia yang cakap, kompeten, terampil dan bersaing tinggi dengan dukungan sarana dan prasarana memadai yang ditunjukkan   dengan   pencapaian   maksimal   pada   bidang   pendidikan,   penelitian   dan pengabdian masyarakat di Indonesia

Berwawasan Internasional :

IPDS Anestesi Unhas mampu mengembangkan keilmuan dan kerjasama pada taraf internasional untuk menopang Tri Dharma perguruan tinggi.

Pemilihan jiwa maritim berdasar atas visi dari Universitas Hasanuddin dan Fakultas Kedokteran  UNHAS  dimana  mengandung  makna  ketangguhan  dan  keuletan.  Dengan berjiwa  maritim  artinya  berjiwa  pelaut  yang  tangguh  dalam  mengarungi  lautan  dan kepulauan  dengan  segala  tantangannya  . Jiwa  ini  yang  menjadi  landasan  filosofi  bagi program  studi  berusaha  sekuat  tenaga  dan  kemampuan  untuk  menghasilkan  lulusan Anestesi  Unhas  yang  tangguh  dan  pantang  mundur  dalam  menghadapi  kasus-kasus Anestesi, Terapi Intensif dan manajemen nyeri untuk kemanusiaan dalam segala macam kondisi fasilitas pelayanan kesehatan dari yang terbatas hingga memadai.

Misi program Pendidikan

  1.  Mengembangkan   Pendidikan   Dokter  Spesialis   Anestesi,   Terapi  Intensif  dan Manajemen Nyeri yang profesional.
  1. Mengembangkan  penelitian  dan publikasi   dalam  bidang  Ilmu Anestesi,  Terapi Intensif dan Manajemen Nyeri.
  2. Menjalin  kerjasama  dengan  berbagai  institusi  dalam  dan  luar  negeri  untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pelayanan dan pengabdian pada masyarakat
  3. Menyelenggarakan evaluasi yang reguler untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pelayanan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Tujuan program Pendidikan

Tujuan Umum

Program  Studi  Anestesiolgi  dan  Terapi  intensif  FKUH  bertujuan  menghasilkan  dokter spesialis Anestesi dan terapi intensif yang profesional dan beretika.

Tujuan Khusus

Berdasarkan visi, misi dan tujuan yang akan dicapai dalam menyelenggarakan pendidikan dokter spesialis Program Studi Anestesiolgi dan Terapi intensif FKUH adalah menghasilkan lulusan :

  1. Memiliki sikap dan pribadi yang sesuai dengan etika profesi Anestesi dan terapi intensif
  2. Mampu menguasai Ilmu Anestesi, Terapi intensif dan Manajemen Nyeri berdasarkan perkembangan ilmu yang terbaru
  3. Memiliki keterampilan mengelola kasus-kasus bidang Ilmu Anestesi, Terapi intensif dan Manajemen Nyeri sesuai dengan kompetensinya
  4. Mampu meningkatkan kerjasama  dengan keahlian lainnya untuk pelayanan kesehatan dalam rangka pengabdian  kepada masyarakat

Sasaran yang merupakan target terukur, strategi pencapaian, dan kemampuan pelaksanaan.

Sasaran

Setiap tahun menghasilkan  lulusan profesional  dan lebih 50 % diantaranya  selesai tepat waktu.

  • Mampu menghasilkan publikasi ilmiah minimal 10 (sepuluh) setiap tahun.
  • Membuat kerjasama baru dengan institusi dalam atau luar negeri minimal satu kali dalam satu tahun dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  • Melaksanakan  evaluasi tahunan pelaksanaan  Program Pendidikan  Dokter Spesialis Anestesi, Terapi Intensif dan Manajemen Nyeri
  • Diperolehnya peringkat akreditasi tertinggi dari lembaga akreditasi terbaik nasional

Target terukur sasaran program studi

  1. Setiap tahun menghasilkan lulusan profesional dan lebih 50 % diantaranya selesai tepat waktu
  2. Mampu menghasilkan publikasi ilmiah minimal 10 (sepuluh) setiap tahun.
  3. Membuat kerjasama baru dengan institusi dalam atau luar negeri minimal satu kali dalam satu tahun dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  4. Melaksanakan   evaluasi   tahunan   pelaksanaan   Program   Pendidikan   Dokter Spesialis Anestesi, Terapi Intensif dan Manajemen Nyeri
  5. Diperolehnya   peringkat   akreditasi   tertinggi   dari  Lembaga   Akreditasi   Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*