Semarak World Physical Therapy Day Di Lapangan Hasanuddin

World Physical Therapy Day (WPTD) yang diperingati pada tanggal 8 September setiap tahunnya merupakan suatu kesempatan bagi seluruh Fisioterapis dari berbagai belahan dunia untuk memperingati tentang pentingnya kontribusi profesi dalam memberikan perlindungan kesehatan, gerakan, dan kemandirian fungsi gerak bagi masyarakat.

WPTD mulai dicanangkan tahun 1996 oleh World Confederation for Physical Therapy (WCPT) yang telah didirikan sejak tahun 1951 pada tanggal yang sama. Lingkup tema WPTD tahun ini adalah “Movement for Health” (Gerakan untuk Kesehatan) dimana telah memberi pesan “Add Life to Years” sebagai suatu sorotan tentang pentingnya peranan Fisioterapis dalam meningkatkan angka kehidupan dan memelihara kesehatan selama bertahun-tahun.

Fisioterapi Unhas sebagai salah satu pihak penyelenggara bersama dengan IFI Cabang Makassar, ikut berperan serta dalam beberapa agenda perayaan WPTD, seperti kegiatan assessment on the street dan senam jantung sehat. Kegiatan tersebut bertempat di Car Free Day Lapangan Hasanuddin, Jalan Jend. Sudirman, Makassar pada hari Minggu, 18 September 2016. Kegiatan yang melibatkan sekitar seribu peserta ini dibuka oleh Wakil Walikota Makassar, DR. Syamsu Rizal, Mi., S.Sos., M.Si. Deng Ical sapaan akrab wakil walikota tersebut juga turut mengikuti senam jantung sehat dalam rangka memperingati Hari Fisioterapi Dunia. “Hari ini kita menunjukkan suatu semangat untuk berkontribusi terhadap Kota Makassar melalui sebuah gerakan jantung sehat”, ujar Deng Ical.

Oleh: Adi

Program Studi Fisioterapi © 2015 Frontier Theme