Workshop Pembuatan Bahan Ajar Fisioterapi Unhas 2016

Bahan ajar merupakan suatu unsur paling penting dalam proses belajar-mengajar di suatu perguruan tinggi. Bahan ajar adalah pedoman yang dapat menuntun kegiatan mahasiswa selama berlangsungnya suatu topik perkuliahan. Melalui bahan ajar diharapkan kinerja mahasiswa dapat lebih efektif dan efisien dalam memahami suatu materi perkuliahan. Selain itu, bahan ajar sangat membantu para dosen dalam menguraikan intisari dalam suatu materi yang dibawakan dalam satu pertemuan.

Menulis bahan ajar adalah bagian dari tugas dosen dalam mengemban dan mengembangkan tridarma perguruan tinggi. Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Student Centre Learning) yang sedang gencar diterapkan di Unhas sejak 2008 yang lalu dan terus hingga sekarang, membutuhkan bahan ajar sebagai pelengkap aktivitas perkuliahan.

Program studi Fisioterapi Unhas melalui Program Peningkatan Kapasitas Program Studi (PPKPS) yang didanai oleh BOPTN tahun 2016 telah menyelenggarakan Workshop Pembuatan Bahan Ajar. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Remcy Makassar pada tanggal 24-25 September 2016 yang diikuti sekitar 40 orang dosen fisioterapi, baik dari golongan dosen tetap maupun dosen luar biasa. Adapun tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan pemahaman penting bahan ajar guna kelancaran proses perkuliahan dan meningkatkan kemampuan staff pendidik fisioterapi dalam membuat bahan ajar yang berkualitas sesuai standar LKPP Unhas. Dari kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan sekitar seratus bahan ajar dari sembilan mata kuliah pokok di Fisioterapi Unhas, antara lain:

  1. Mata Kuliah Proses dan Pengukuran Fisioterapi.
  2. Mata Kuliah Terapi Latihan dan Manipulasi.
  3. Mata Kuliah Elektro Fisika dan Sumber Fisis.
  4. Mata Kuliah Manajemen Fisioterapi Muskuloskeletal dan Bedah.
  5. Mata Kuliah Manajemen Fisioterapi Neuropsikiatri.
  6. Mata Kuliah Manajemen Fisioterapi Kardiovaskulopulmonal.
  7. Mata Kuliah Manajemen Fisioterapi Pediatri dan Tumbuh Kembang.
  8. Mata Kuliah Manajemen Fisioterapi Olahraga dan Kebugaran.
  9. Mata Kuliah Manajemen Fisioterapi Keswan dan Integumen.

Oleh: Adi

Program Studi Fisioterapi © 2015 Frontier Theme