Sejarah Pisiform Fisioterapi

PISIFORM merupakan sebuah lembaga atau organisasi otonom dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Prodi Fisioterapi yang berorientasi pada riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, teori serta aplikasi fisioterapi yang didasarkan pada prinsip – prinsip keilmuan dan penalaran ilmiah dalam lingkup fisioterapi secara umum dan Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin pada khususnya.

PISIFORM berawal dari sekumpulan mahasiswa Fisioterapi FK-UNHAS yang memiliki tujuan yang sama dalam pengembangan ilmu fisioterapi melalui bidang penelitian. Pada pertengahan tahun 2014, dimulailah pergerakan pembentukan organisasi ini.

Berawal dari kemauan untuk ikut ambil bagian dalam mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang fisioterapi, terbentuklah sebuah komunitas tanpa nama yang menghimpun mahasiswa fisioterapi dalam menyalurkan minat dan bakat dalam bidang penelitian. Dalam wadah komunitas ini kemudian beberapa mahasiswa berhasil meluluskan beberapa proposal dalam program ‘Hibah Penelitian Mahasiswa Fakultas Kedokteran-Universitas Hasanuddin 2014’.

Namun karena kurangnya pengetahuan dalam penelitian, kendala dalam pendanaan dan kendala-kendala lainnya, beberapa proposal penelitian yang lolos dana hibah FK-UNHAS 2014 kemudian mengalami hambatan. Oleh karena itu, kami kemudian sadar bahwa kami membutuhkan wadah yang lebih besar untuk menjadi fasilitas yang nantinya akan membantu dalam pengembangan penelitian ini.

Kemudian ditahun yang sama, timbullah gagasan untuk memberikan komunitas ini sebuah nama, dasar dan selanjutnya menghimpun lebih banyak anggota. Dan Alhamdulillah, dengan izin Allah SWT, komunitas ini berkembang dengan nama Physiotherapi Youth Acquisition Research Club yang selanjutnya disingkat PYARC, dengan dasar berupa draft Anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang telah tersusun guna menjalankan komunitas ini dengan baik.

PYARC sendiri telah menjalankan beberapa program kerja seperti ‘Open Recruitment’ dan program kerjasama dengan Medical Youth Research Club (MYRC) guna meningkatkan peluang Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin untuk meluluskan mahasiswanya ke PIMNAS 2016 yang diberi nama ‘FK-UH Goes to PIMNAS’, program ini seyogyanya dijalankan dengan menggabungkan mahasiswa prodi Pendidikan Dokter dan Fisioterapi dalam pembentukan tim-tim untuk maju ke PIMNAS yang diselenggarakan oleh DIKTI guna meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa FK-UNHAS.

Kemudian berdasarkan AD-ART PYARC yang telah dirubah sedemikian rupa, surat rekomendasi Prodi Fisioterapi dan kemauan yang kuat untuk berkembang dan mengembangkan Prodi Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin serta atas izin Allah SWT, Dimulai pengembangan komunitas ini menjadi sebuah UKM oleh 9 orang yang kemudian menjadi tim perintis.

Setelah berjalan beberapa lama timbul gagasan untuk meresmikan organisasi ini menjadi sebuah lembaga independen yang diberi nama Physiotherapy Scientific Forum yang selanjutnya disingkat PISIFORM.

Dengan diresmikannya organisasi ini, kami berharap semoga dapat bermanfaat besar bagi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, pendidikan dan masyarakat serta Fisioterapi Indonesia.

 

Program Studi Fisioterapi © 2015 Frontier Theme