FK Unhas Ditunjuk Jadi Koordinator Pelaksana AHS Wilayah VI

Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas) sebagai perwakilan Unhas ditunjuk menjadi koordinator pelaksana program Academic Health System (AHS) Wilayah VI, yang meliputi kawasan timur Indonesia. AHS merupakan sebuah model kebijakan yang mengakomodir potensi masing-masing institusi ke dalam satu rangkaian visi yang berbasis pada kebutuhan masyarakat. Konsep ini merupakan integrasi pendidikan kedokteran bergelar, dengan program pendidikan profesional kesehatan lainnya yang memiliki rumah sakit pendidikan atau berafilisasi dengan rumah sakit pendidikan, sistem kesehatan, dan organisasi pelayanan kesehatan.

Dalam pertemuan pengembangan AHS Wilayah VI di Mahoni Hall, Hotel Claro Makassar, Kamis-Sabtu (13-15/10/2022), yang diikuti Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI drg. Arianti Anaya, MKM via daring, Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa (offline), Rektor UGM Prof. Dr. Ova Emilia, M.Med.Ed, Sp.OG(K), seluruh Dekan dan Wakil dekan 1 Fakultas Kedokteran di Wilayah VI (Unhas, UMI, Unibos, Unismuh, UIN Alaudin, Unsrat, Untad, Unisa Alkhaerat, UNG, UHO, Unpati, Unkhair Ternate, dan Unipa Papua Barat) serta para Direktur RS Pendidikan di Wilayah VI, serta Kepala Dines Kesehatan Provinsi di wilayah VI agar terintegrasinya AHS diwilayah VI yang dimana FK unhas di tunjuk sebagai Koordinator Wilayah VI.

Acara diawali dengan laporan ketua panitia Direktur Penyediaan Nakes dan acara dibuka Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan dan dilanjutkan dengan sambutan Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa, menegaskan Uhas akan berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan program AHS usai ditunjuk sebagai kordinator pelaksana AHS wilayah VI. “Unhas memiliki komitmen yang tinggi karena telah ditunjuk sebagai kordinator AHS wilayah VI dan akan menjalankan program ini dan mendukung secara penuh agar tujuan AHS ini dapat tercapai.” Ujar Prof. Jamaluddin Dalam pertemuan ini Prof. Jamaluddin membawakan materi “Implementasi AHS di Universitas Hasanuddin” yang kembali menekankan bahwa sejak 2018, setelah Unhas ditunjuk sebagai Kordinator Wilayah, telah melakukan beberapa langkah dan program untuk mendukung AHS ini.

Selain itu Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes., Sp.PD., KGH., Sp.GK selaku Dekan FK Unhas juga membawakan materi terkait “Usulan Kerangka Kerja AHS Wilayah VI untuk Transformasi SDM Kesehatan” yang menyampaikan apa saja usulan program-program yang dapat dilakukan baik oleh seluruh Fakultas Kedokteran, RS. Pendidikan Utama dan Dinas Kesehatan Provinsi yang berada di wilayah VI. Pada acara ini juga telah dilakukan penanda tanganan Piagam Komitmen Bersama AHS wilayah VI.

Check Also

Fakultas Kedokteran Unhas Bersama Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Mewakili Indonesia Dalam General Meeting CALOHEA Bangkok

  Acara general meeting ini berlangsung pada 21 – 23 November 2022 di University of ...