2017

PENGABDIAN MASYARAKAT DEPARTEMEN PSIKIATRI FK UNHAS

“DETEKSI DINI, PENCEGAHAN DAN  PENANGANAN GANGGUAN JIWA DI MASYARAKAT SERTA DAMPAK PENYALAHGUNAAN NARKOBA     KABUPATEN TANA TORAJA”

TAHUN 2017

Kegiatan pengabdian masyarakat  Bagian Psikiatri FK Unhas tahun 2017 dilaksanakan pada tanggal 13-15 Oktober  2017 berlokasi di Kabupaten Tana Toraja, kegiatan ini memiliki tujuan antara lain :

  1. Melaksanaan pengabdian masyarakat bersama dengan RSUP dr.Wahidin Sudirohusodo
  2. Melaksanakan University Social Responsibility (USR) dan tridarma perguruan tinggi, utamanya bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Pelaksanaan program kerja tahunan bersama De partemen Ilmu Kedokteran Jiwa FK Unhas, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia cabang Makassar dan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Ilmu Kedokeran Jiwa, khususnya Psikiatri Komunitas FK Unhas.

Kegiatan ini dilaksanakan di lima lokasi secara bersamaan yaitu Puskesmas Makale,  Rutan Kelas II Makale, SMA 1 Makale, SMP Kristen Makale dan Dinas Kesehatan Tana Toraja. Kegiatan yang diselenggarakan berupa penyuluhan tentang gangguan jiwa kepada masyarakat awam, dokter umum dan petugas kesehatan jiwa di tingkat layanan primer, home visit ke lokasi pasien yang mengalami pasung untuk menjelaskan tentang manfaat pengobatan jiwa, brain storming tentang kasus-kasus gangguan jiwa yang dihadapi oleh petugas kesehatan jiwa di Puskesmas dan penyuluhan tentang dampak Narkotika kepada siswa/siswi SMP, SMA dan narapidana yang ditahan dalam rumah tahanan kelas II Makale. Semua pihak menyambut dengan antusias yang tinggi kegiatan pengambdian masyarakat tersebut. Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah dan dinas kesehatan setempat dengan memberikan bantuan berupa fasilitas transportasi selama pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Tana Toraja ini.