Luar Negeri

KERJASAMA LUAR NEGERI

SHIMANE UNIVERSITY

 

 

Shimane Medical University   terletak di kota Izumo dan terpisah dari fakultas lainnya yang berlokasi di kota Matsue, Jepang. Lokasi Izumo sekitar 40 km bagian barat dari kota Matsue. Izumo  merupakan daerah yang berperan penting dalam mitologi Jepang karena memiliki nilai pre-historic yang tinggi.  Shimane Medical University  didirikan pada tahun 1975 dan resmi berdiri sendiri tahun 2003. Shimane Medical University telah meluluskan sekitar 3000 orang dokter yang tersebar di seluruh Jepang, terdiri dari 45 departemen kedokteran dan 3 departemen keperawatan. Masa studi untuk fakultas kedokteran di Shimane Medical University berkisar 6 tahun dan fakultas keperawatan selama 4 tahun.

Kerjasama antara Shimane University dan Bagian Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin telah dilakukan sejak tahun 2014.  Bentuk kerjasama yang dilakukan antara lain :

  1. Kerjasama dalam joint research collaboration.
  2. Pengiriman mahasiwa PPDS Sp 1 dan dosen untuk menempuh pendidikan S2 dan S3.
  3. Mengadakan study banding yang dilakukan sekali setahun oleh mahasiswa PPDS Sp 1 dengan lama bertugas sekitar 14-30 hari.
  4. Mengadakan joint teleconference antara peserta didik dan dosen bagian Psikiatri FK Unhas dan Shimane Medical University pada pertemuan ilmiah Bagian Psikiatri yang diselenggarakan sekali dalam 1-2 bulan dengan membahas bersama secara bergantian kasus-kasus Psikiatri yang ditemukan dan penelitian yang sedang dilaksanakan di kedua universitas. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kerjasama tersebut.