Sejarah Singkat

Berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, no. 09/SK-FK/UH/6/84, yang ditetapkan di Ujung Pandang, 23 Juni 1984, diputuskan Ketua-Ketua Program Studi  ( KPS) , dan untuk Program Studi Ilmu kedokteran Jiwa  adalah dr. H. Syabir Siwu.

Tenaga staf pengajar PPDS I Ilmu Kedokteran Jiwa diangkat oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin berdasarkan SK No. 10/SK-FK/UH/6/84 yang ditetapkan di Ujung Pandang, tanggal 23 Juni 1984, yang terdiri dari 7 (tujuh) orang, yaitu penilai 5 (lima) orang, pendidik 1 (satu) orang dan pembimbing 1 (satu) orang.

Sejak tahun 1984 – 2011, PPDS I Ilmu Kedokteran Jiwa  Fakultas Kedokteran Unhas telah mengalami beberapa kali pergantian pimpinan, yaitu pergantian Ketua Bagian 3 kali, dan Ketua Program Studi 4 kali

Sistem manajemen PPDS I Ilmu Kedokteran Jiwa terdiri dari Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi, di bawah naungan Ketua Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa. Dalam setiap pelaksanaan manajemen selalu dilakukan rapat dan koordinasi  bersama seluruh tenaga pengajar dan staf bagian

Kelompok dosen/subdivisi disesuaikan berdasarkan gelar akademik/profesi tertinggi yang diperolehnya. Kelompok dosen terdiri dari Subdivisi Anak dan Remaja, Biologi dan Psikofarmaka , Geriatri, Kedaruratan Psikiatri, Forensik, dan Consultation Liasion Psychiatry.

Unit Pelayanan Pendidikan merupakan unit pelayanan administrasi di lingkungan PPDS I Ilmu Kedokteran Jiwa dan dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi.