2014

PENGABDIAN MASYARAKAT DEPARTEMEN PSIKIATRI FK UNHAS

“BEBAS PASUNG, BEBAS NARKOBA KABUPATEN BONE”

TAHUN 2014

Kegiatan pengabdian masyarakat  Bagian Psikiatri FK Unhas tahun 2014 dilaksanakan pada Jumat, 24 November 2014 dan berlangsung di 5 tempat yaitu SMAN 2 Bone, SMKN 1 Bone, Balai PKK Kab Bone dan Kampung Bajoe Kab. Bone.

Tujuan kegiatan ini adalah :

  1. Meningkatkan rasa cinta berbangsa dan bernegara demi terjalinnya kesatuan dan persatuan, dimana rasa sehat dan aman sebagai perekatnya
  2. Mendorong terciptanya masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera
  3. Memberikan edukasi tentang kesehatan jiwa dan NAPZA pada masyarakat agar nantinya diharapkan mampu menjadi keluargayang sejahtera dalam kesehatannya dan sehatt dalam kesejahteraannya sekaligus mereduksi stigma gangguan jiwa.

Kegiatan yang dilakukan  meliputi Penyuluhan Kesehatan Jiwa, Bebas Pasung dan NAPZA. Penyuluhan di SMA Negeri Bone diikuti oleh siswa sebanyak 43 orang, siswa SMK Negeri 1 Bone sebanyak 115 orang, siswa SMPN 1 Bone sebanyak 98 orang. Siswa masing-masing didampingi oleh guru pendamping.  Materi penyuluhan tentang Undang-undang kesehatan jiwa 2014 di PKK Kabupaten Bone dihadiri oleh Kepala Puskesmas dan Tenaga Medis sekitar 100 orang dan kunjungan penyuluhan bebas pasung di Kampung Bajoe, diikuti oleh masyarakat dan keluarga pasien yang dipasung selama 20 tahun sekitar 28 orang. Penyuluhan meliputi pendidikan seks, NAPZA, HIV/AIDS, Deteksi Gangguan Jiwa dan Sosialisasi UU Kesehatan Jiwa 2014.

Penyuluhan di Balai Kelurahan Bila diikuti oleh masyarakat sekitar sebanyak 100 orang. Materi penyuluhan yaitu gangguan jiwa meliputi gejala-gejala cemas, depresi dan gangguan jiwa berat. Setelah penyuluhan, dilakukan kunjungan (home visit) kepada pasien gangguan jiwa yang diisolasi.

Penyuluhan dilakukan secara paralel dan serentak, pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan rasa antusias oleh peserta SMA, SMK, SMP dan tenaga puskesmas se-Bone sangat tinggi. Mereka merasa sangat senang dengan kegiatan ini karena dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang materi-materi yang diberikan pada kegiatan pengabdian masyarakat tersebut.