2016

PENGABDIAN MASYARAKAT DEPARTEMEN PSIKIATRI FK UNHAS, CAR FREE DAY DAN HARI KESEHATAN JIWA NASIONAL
TAHUN 2016

Pada tahun 2016 terdapat tiga kegiatan yang dilakukan oleh Departemen Psikiatri FK Unhas, antara lain :


a. Dalam rangka mendukung program pemerintah daerah berupa car free day, maka diselenggarakan penyuluhan kepada masyarakat sekitar Anjungan Pantai Losari yang dilaksanakan tanggal 10 Januari 2016 dengan tema “Mental Illness Awareness Day”. Penyelenggara kegiatan antara lain PDSKJI cabang Makassar (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia), Departemen Psikiatri FK Unhas dan IPKJ Cabang Sulawesi Selatan (Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia). Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 orang dan bentuk kegiatan yang dilakukan berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang kesehatan jiwa

b. Dalam rangka menyambut Hari Keseahatan Jiwa Nasional, maka pada tanggal 10 Oktober 2016, dilakukan kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan di Anjungan Bugis-Makassar, Pantai Losari dengan bentuk kegiatan yang dilakukan antara lain edukasi kesehatan jiwa, konsultasi kesehatan jiwa gratis, deteksi dini elalui kuisioner, brain gym dan brain games, pembagian brosur dan souvenir menarik dan pojok photobooth. Penyelenggara kegiatan antara lain PDSKJI cabang Makassar (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia), Departemen Psikiatri FK Unhas dan IPKJ Cabang Sulawesi Selatan (Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia). Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 300 orang dan bentuk kegiatan yang dilakukan berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang kesehatan jiwa.

c. Pengabdian Mayarakat bagi masyarakat Pinrang dilaksanaan tanggal 7-8 November 2016 dengan tema “Deteksi dini dan Penanganan Gangguan Jiwa di Masyarakat / Psikiatri Komunitas Kabupaten Pinrang” yang dilaksanakan diSMPN Pinrang, SMKN Pinrang dan Puskesmas Pinrang. Kegiatan yang dilakuan berupa penyuluhan kepada masyarakat awam, petugas kesehatan di Puskesmas dan penyuluhan bagi siswa SMPN dan SMKN. Semua pihak merasa sangat senang dan menyambut dengan antusiasme yang tinggi terhadap kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Pinrang.