Perbandingan Seropositivitas Kusta Pada Anak SD Di Dataran Tinggi Dan Dataran Rendah Pada Daerah Low Endemic Kusta

TESIS : RACHMAWATI. Perbandingan Seropositivitas Kusta Pada Anak SD Di Dataran Tinggi Dan Dataran Rendah Pada Daerah Low Endemic Kusta Di Kabupaten Kepulauan Selayar, sulawesi selatan. (dibimbing oleh Safruddin Amin dan A.M.Adam). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat paparan M.leprae pada anak sekolah dasar yang tinggal di dataran rendah dan di dataran tinggi di daerah low endemic kusta berdasarkan seropositivitas M.leprae dengan pemeriksaan indirek ELISA.

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kahu Kahu dan Desa Lembang Matene, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan dengan metode rancang bangun potong lintang. Sampel penelitian sebanyak 80 orang anak sekolah dasar yang terdiri dari 40 orang di dataran rendah dan 40 orang di dataran tinggi. Pengambilan darah kapiler dengan menggunakan kertas saring yang kemudian dikonversi 2,5 kali menyamai titer serum.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa seropositivitas pada 40 sampel anak sekolah dasar di dataran rendah sebanyak 23 orang dan pada 40 sampel anak sekolah dasar di dataran tinggi sebanyak 16 orang. Hal ini menunjukkan bahwa secara nominal seropositivitas dataran rendah lebih tinggi dibandingkan dataran tinggi. Namun uji statistik menunjukkan tidak terdapat perbedaan bermakna seropositivitas antara kedua kelompok sampel ini.

 

Download Selengkapnya : DOWNLOAD

Updated: May 20, 2011 — 11:57 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin © 2015 Frontier Theme