KURIKULUM

Fase pertama adalah fase Pengayaan, yang memberikan pengetahuan dan keterampilan sains dasar, teori dan praktik oftalmologi dasar, metodologi dan statistik penelitian dasar, dan etika kedokteran. Sepanjang fase pengayaan, siswa akan memiliki perpaduan yang seimbang antara studi teoritis, dan paparan awal dalam pengaturan klinis. Siswa akan memiliki diskusi berbasis kasus, menyajikan bacaan literatur yang berkaitan dengan anatomi dan fisiologi mata dan pengajaran dan diskusi di samping tempat tidur. Jenis penilaian yang digunakan pada fase ini adalah oral, soal pilihan ganda (MCQ) dan Objective Structured Clinical Examinations (OSCE) atau Ophthalmology Surgical Competency Assessment Rubrics (OSCAR), yang digunakan khusus pada ujian fase 1.

Tahap kedua adalah tahap Magang, yang merupakan kompetensi inti dari program spesialis oftalmologi. Mahasiswa dibekali dengan kemampuan untuk mendiagnosis dan mengelola pasien di klinik dan manajemen bedah termasuk kasus darurat di bawah pengawasan. Pada fase ini, siswa akan dirotasi dalam 11 sub divisi. Untuk memastikan pengalaman dan pengetahuan mahasiswa, mereka harus melakukan tinjauan jurnal dan presentasi literatur, laporan kasus dan tinjauan pustaka harus diselesaikan sebelum melakukan proposal penelitian. Skill lab, wet-lab, dan pembelajaran berbantuan video untuk mencapai kompetensi keterampilan yang dibutuhkan fase ini. Setiap rotasi akan membutuhkan kelulusan penilaian yang meliputi evaluasi MCQ, DOPS dan Workplace-based Assessment (WBA)/360. Pada akhir fase siswa juga harus lulus penilaian OSCE/OSCAR.

Fase ketiga adalah fase Mandiri. Pada fase ini mahasiswa diharapkan telah menguasai kompetensi inti, dan berperan sebagai dokter mata junior di rumah sakit satelit. Fase ini mengharuskan siswa untuk melakukan tinjauan literatur, penelitian dan publikasi yang menawarkan teori dan praktik penting perawatan mata di akhir fase, siswa wajib mengikuti ujian dewan nasional untuk menilai kompetensi mereka. Setelah lulus ujian dewan nasional dan menyelesaikan penelitian mereka, siswa akan lulus sebagai dokter mata.

Kurikulum lengkap dapat didownload pada tautan berikut:

Curriculum Book

Course Module

Handbook Module Ophthalmology Specialist Program