Kaikoukai Healthcare Group Jepang Siap Lanjutkan Kerja Sama dengan FK Unhas

Tim Kaikoukai Healthcare Group dari Nagoya, Jepang, berkunjung di gedung Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK-Unhas) guna membahas kelanjutan program kerja sama dengan FK Unhas, Rabu (3/8/2022). Tim Kaikoukai dipimpin Mr. Abe Kazuya, General Manager Overseas Human Resources Development Department Kaikoukai Healthcare Group, mewakili President Direktur Kaikoukai, dr. Yamada Tetsuya, yang diterima secara resmi oleh Dekan FK Unhas, Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes., Sp.PD-KGH., Sp.GK(K), untuk membahas kelanjutan kerjasama Kaikoukai Healthcare Group dengan FK Unhas yang sudah berlangsung beberapa tahun terakhir: program yang sudah berjalan berupa outbound student dari Program Pendidikan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah ke RS Kaikoukai Nagoya, KKN profesi kelas International di Nagoya selama 1 bulan, serta webinar dan visiting lecture oleh Professor dari Kaikoukai Healthcare Group untuk mahasiswa S1 dan MPPDS FK Unhas.

Dalam keterangannya, Mr. Abe Kazuya menyatakan Kaikoukai Healthcare Group siap menerima lagi outbound student dari Departemen Jantung dan Pembuluh Darah dan Subdivisi Ginjal Hipertensi Departemen Penyakit Dalam, serta menyampaikan harapan Kaikoukai agar RS Unhas bisa unggul di bidang hemodialisa serta menjadi bukti hasil kinerja sistem hemodialisa Kaikoukai Healthcare Group dan bisa memicu rumah sakit pemerintah agar bisa mendadopsi ilmu dari Kaikoukai, maka dari itu Kaikoukai siap bekerjasama untuk mewujudkan harapan tersebut melalui rencana kerjasamanya dengan unit Hemodialisa RS Unhas. Prof Haerani menyambut baik tawaran kerjasama Kaikoukai Healthcare Group untuk mengirimkan outbound stundent dari kandidat subspesialis Ginjal Hipertensi, serta mengatakan perihal perencanaan kerjasama unit Hemodialisa di RS Unhas dari Kaikoukai. “Kami tentunya senang dengan tawaran kerjasama ini mengingat kualitas dan mutu yang terjamin apabila Kaikoukai menerapkan konsep sistem Hemodialisanya di RS Unhas, maka kami tentunya harus berkoordinasi baik dengan pihak RS Unhas dan pihak Universitas perihal tawaran kerjasama ini,” ujar Prof Haerani.

Sementara menurut Anggota Majelis Wali Amanat Unhas yang juga mantan dekan FK-Unhas periode 2006-2014, Prof. dr. Irawan Yusuf, PhD, memaparkan beberapa manfaat yang bisa didapat dari kerjasama dengan Kaikoukai bisa memberikan pelayanan yang terbaik apabila bisa mengadopsi sistem yang digunakan oleh Kaikoukai yang terbukti bisa menurunkan level endoktoksin yang bersirkulasi di fasilitasnya. Kerja sama ini juga bisa dijadikan pusat training untuk hemodialisa, dengan mengembangkan unit khusus untuk unit hemodialisa dan pelayanan ginjal hipertensi di RS Unhas sehingga menjadi lebih baik, dapat memicu departemen lain untuk terus mengembangkan ilmu dan sistem pelayanannya. “Salah satu strategi yang tepat adalah untuk belajar dari tempat yang sudah maju kemudian mengadopsi tidak hanya skill dan alat yang digunakan namun juga kultur pejerja dan bagaiman cara orang bekerja di tempat tersebut, maka setelah berdiskusi dengan Rektor Unhas, Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, rektor mengatakan ‘I’m more than happy ‘dan menyambut rencana kerjasama ini utamanya jika bisa dijadikan role model untuk mengembangkan departemen lain,” ungkap Prof Irawan.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Pengembangan dr. Agussalim Bukhari, M.Clin.Med., Ph.D., Sp.GK(K), Wakil Dekan II Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sumber Daya dr. Firdaus Hamid, Ph.D, Sp.MK, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. dr. Andi Alfian Zainuddin, M.K.M, Wakil Dekan IV Bidang Kerjasama Dr. dr. Rina Masadah, M.Phil, Sp.PA(K), dan para staff Kaikoukai Ayuwinda Lestari, Putri Raiza Juliana, dan Imam Ramdeny.

Check Also

VISITING LECTURE