Sambutan Ketua Program Studi

agusAssalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Serta shalawat  dan  salam  selalu tercurah kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan  dan rahmat-Nya, maka Student Guide Book Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Tahun Ajaran 2016/2017 dapat diselesaikan dengan baik.

Selamat datang di Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Selama setidaknya 5,5 tahun ke depan, para mahasiswa baru akan ditempa menjadi seorang dokter di tempat ini. Adapun buku panduan ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan gambaran dan informasi dasar yang penting bagi mahasiswa selama masa pendidikan. Diharapkan adik-adik mahasiswa baru mendapatkan pengertian bagaimana sistem pendidikan pada Program Studi Pendidikan Dokter, yang tentu saja berbeda dengan pada saat berada di sekolah menengah atas.

Untuk dapat menjadi seorang dokter, setiap mahasiswa baru akan melalui 2 tahap program studi pendidikan dokter, yaitu tahap akademik untuk mencapai gelar sarjana kedokteran (3,5 tahun) dan profesi dokter untuk mendapatkan gelar dokter (2 tahun). Hal ini sesuai dengan Standar Edukasi Dokter Indonesia yang dikeluarkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia pada tahun 2012 dalam rangka menjamin kualitas dokter lulusan Indonesia.

Pada tahun akademik 2016/2017, terdapat beberapa perubahan kurikulum sesuai hasil rekomendasi berdasarkan evaluasi tahun ajaran sebelumnya. Revisi tersebut di antaranya adalah penambahan mata kuliah Pembentukan dan Pengembangan Karakter Dokter (PPKD) yang sebelumnya merupakan program ekstrakurikuler “1000 Hari Petama Kehidupan” yang diharapkan mampu meningkatkan karakter dan empati mahasiswa.

Selama menjalani proses pendidikan, tentulah tidak akan mudah dan mungkin saja akan menemui beberapa masalah. Dalam buku panduan ini akan dijelaskan beberapa hal mengenai proses akademik, fasilitas yang disediakan, serta aturan-aturan yang mengatur berbagai hal saat menjalani pendidikan. Akan tetapi, buku panduan ini mungkin saja tidak dapat menjawab seluruh pertanyaan mahasiswa. Jangan sungkan untuk bertanya pada para staf pengajar ataupun staf administrasi bila ada hal yang ingin ditanyakan.

Akhir kata, menjadi dokter bukanlah perkara mudah. Diperlukan tekad yang kuat dan jangan mudah menyerah dalam menghadapi setiap permasalahan. Asah terus kemampuan diri demi mencapai kualitas setara seven-star doctor. Semoga buku panduan ini dapat membantu selama proses pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.

Wabillahi taufik wal hidayah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Ketua Program Studi Pendidikan Dokter
Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

dr. Agussalim Bukhari, M.Clin.Med., Ph.D., Sp.GK(K)

Program Studi Ilmu Kedokteran (S1) © 2016 Frontier Theme