Press Release Bakti Sosial WRD dan WAD 2019

Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cab. Sulselbar bekerja sama Kedokteran Hewan Unhas dan Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar serta Komunitas Ikatan Pemerhati Kucing (IPK) telah menyelenggarakan Bakti Sosial Sterilisasi dan Vaksinasi pada hewan kesayangan. Kegiatan yang dilaksanakan di Klinik Hewan Pendidikan Unhas ini, dalam memperingati Hari World Rabies Day (WRD) dan World Animal Day (WAD) serta sekaligus bertepatan dengan Anniversary Kedokteran Hewan Unhas yang ke-9. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yakni Jumat, 4 Oktober 2019 dan Minggu, 6 Oktober 2019.

Anniversary Kedokteran Hewan yang ke-9

Kasus gigitan hewan penular rabies (HPR) pada manusia dan korban meninggal dalam 5 tahun terakhir ini cenderung menunjukkan peningkatan sehingga diperlukan kegiatan secara rutin pada tiap tahunnya untuk mengendalikan penyebaran virus rabies. Dengan kegiatan ini tentunya akan sangat membantu pemerintah dalam program pemberantasan rabies.

Vaksinasi dan sterilisasi merupakan salah satu upaya pencegahan menularnya virus rabies. Sebanyak 100 dosis vaksinasi rabies, 12 ekor ovariohisterektomi (OH) dan 50 ekor kastrasi kuota yang disiapkan oleh panitia pada kegiatan Bakti Sosial ini. Sebanyak 15 dokter hewan yang tergabung dalam PDHI dan 30 relawan mahasiswa Kedokteran Hewan Unhas berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dua hari berjalannya kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 wita sampai pukul 15.00 wita vaksinasi dan sterilisasi in, tercatat 42 ekor kucing domestik dilakukan sterilisasi (10 ekor kucing betina OH dan 32 ekor kucing jantan kastrasi) serta 51 ekor kucing dan 1 ekor anjing dilakukan vaksinasi rabies.

Pemilik owner sangat antusias dengan kegiatan Bakti Sosial ini, terlihat mereka yang cukup sabar antri dan menunggu saat hewan kesayangan mereka mendapat penanganan. Salah seorang owner pada saat wawancara mengatakan
“sangat berterima kasih kepada panitia atas terseleanggaranya kegiatan seperti Bakti Sosial ini, cukup membantu bagi para pecinta hewan kesayangan di Makassar. Berharap kegiatan seperti ini dilaksanakan pada tiap tahunnya”.

Hasil dari kegiatan ini tentunya dengan harapan menekan angka gigitan HPR di Wilayah Makassar dan para pecinta hewan di Kota Makassar sadar akan pentingnya mejaga kesehatan hewan kesayangan mereka dengan mencegah penularan penyakit rabies, salah satunya dengan vaksinasi.

Updated: October 8, 2019 — 5:01 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *