Kunjungan tim peneliti FK Unhas ke Kanazawa University

Pada tanggal 12 Juli-31 Juli 2022 lalu tim peneliti Indonesia dari unhas melakukan kunjungan ke tim peneliti Jepang di laboratorium vaccinology & applied immunology Kanazawa University. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan program Bilateral Exchange Program DGHERT-JSPS Joint Research Projects antara Universitas Hasanuddin – Kanazawa University dengan Principal Investigator dari Unhas dr. Yenni Yusuf, M.InfectDis, PhD dari departemen parasitology FK, sedangkan PI dari Kanazawa University adalah Prof Mitsuhiro Iyori, PhD dari Lab Vaccinology and Apllied Immunology.

Program ini mengangkat tema riset pengembangan vaksin COVID-19 berdasarkan studi seroepidemiologis di Indonesia. Adapun anggota dari tim Indonesia adalah Dr.dr.Irawaty Djaharuddin, SpP (K) dari departemen Pulmonologi, dr.Sitti Nurisyah, Sp.P(K) yang merupakan dosen luar biasa dep.Pulmonologi yang sedang menempuh studi S3 Ilmu Kedokteran Unhas, dr. Khaeriah Amru yang merupakan dosen prodi S1 FK Unhas, dan Syahruddin, SKM, S.Kep, Ns, M.MKes, selaku research assistant dari RS tadjuddin Chalid, dan mahasiswa prodi S1 FK Unhas Azizah Nurul Mutia, dan Atifatul Qalbi Kadir.

Kunjungan dilakukan oleh beberapa anggota tim, yaitu Yenni Yusuf, Sitti Nurisyah, Khaeriah Amru, dan Syahruddin. Kegiatan utama adalah melakukan experiment untuk studi doktoral Dr Sitti Nurisyah di mana Dr. dr. Irfan Idris, M.Kes merupakan promotor dan Dr.dr. Irawaty Djaharuddin, SpP(K) dan Dr. Agussalim Bukhari, M.Clin.Med, SpGK, PhD selaku ko-promotor. Kehadiran tim juga disambut oleh kepala lab Vaccinology & Applied Immunology, Prof Shigeto Yoshida. Beliau sebelumnya telah menghadiri seminar proposal studi doktoral dr Sitti Nurisyah sebagai salah satu penguji eksternal secara online dan memberikan beberapa masukan dalam seminar tersebut . Di laboratorium Prof Yoshida juga sedang menempuh Pendidikan doktoral 2 alumni FK Unhas, yaitu dr. Ammar Abdurrahman Hasyim dan dr Kartika Hardianti Zainal yang tergabung sebagai anggota tim Jepang untuk program ini.

“Setiap tahun DIKTI bekerjasama dengan JSPS menerima proposal untuk program ini. Ada 3 tim dari seluruh Indonesia yang diterima per tahunnya. Penyeleksian dilakukan oleh reviewer di Jepang dan Indonesia. Alhamdulillah kita bisa lolos seleksi diantara sekian banyak tim yang mengajukan proposal untuk angkatan 2021. Dari kegiatan ini diharapkan dapat dihasilkan beberapa joint publication dan dapat dijalin kerjasama yang berkelanjutan antara Unhas dengan Kanazawa University, termasuk pengiriman mahasiswa untuk menjalani studi baik S2 maupun S3. Selain itu, kegiatan ini dapat menjadi awal dirintisnya pusat kajian vaksin di Unhas yang harapannya mendapatkan support oleh para pimpinan Universitas”, jelas dr. Yenni yang baru saja mendapatkan letter of appointment dari Kanazawa University sebagai collaborative professor untuk periode Agustus 2022 hingga Maret 2024.

“Kita berharap kerjasama-kerjasama serupa seperti kehadiran dosen dari universitas di luar negeri pada seminar proposal studi doktoral dapat semakin digiatkan sehingga ilmuan dari luar negeri juga bisa memberikan masukan pada mahasiswa-mahasiswa kita, untuk peningkatan kualitas publikasi. BIla bisa diadakan short exchange atau double degree tentu lebih bagus lagi”, ujar dr.Irfan yang baru saja menyelesaikan amanah sebagai Wakil Dekan bidang Akademik, Riset, dan Inovasi di FK Unhas.

Program DGHERT-JSPS ini berjalan selama 3 tahun dari tahun 2021 hingga 2023. Pada tahun 2021, Prof Shigeto Yoshida dan Mitsuhiro Iyori menjadi pembicara dalam webinar series bertema “Vaccine Research and Development” yang diikuti oleh peserta dari berbagai instutisi di seluruh Indonesia yang kepanitiaannya diketuai dr.Yenni dengan melibatkan beberapa mahasiswa S1.

Check Also

Fakultas Kedokteran Unhas Bersama Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Mewakili Indonesia Dalam General Meeting CALOHEA Bangkok

  Acara general meeting ini berlangsung pada 21 – 23 November 2022 di University of ...