Sejarah

Pendirian Program Studi Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin diprakarsai oleh Prof. Dr. dr. Kuntaman, Sp.MK (K), Prof. dr. Mochammad Hatta, PhD. Sp.MK., dr. Baedah Madjid, Sp.MK (K)., Dr. dr. Sri Budayanti, Sp.MK (K), Prof. Dr. dr. Hendro Wahyono, MScTropMed,, SpMK(K), Prof. Dr. dr. Asaad Maidin, MscTropMed, Sp.MK(K) dan Prof. dr. M. Nasrum Massi, PhD. di tahun 2010.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor 103/KPT/I/2016, Program Studi Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin resmi berdiri pada tanggal 16 Februari 2016 Surat keputusan tersebut digunakan sebagai landasan penyusunan kurikulum Program Studi Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Unversitas Hasanuddin. Kurikulum yang digunakan oleh Program studi Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin disusun berdasarkan pertimbangan perubahan paradigma pendidikan Mikrobiologi Klinik di Indonesia dan dunia internasional. Dimana pendidikan dokter spesialis harus mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi. Oleh karena itu, fokus utama pembelajaran pada pendidikan ini terutama pada pencapaian kompetensi peserta didik di akhir masa studi. Kompetensi tidak hanya di bidang kognitif, namun juga di bidang psikomotor dan afektif.

Pembelajaran pendidikan mulai dari pendidikan dokter sampai kepada pendidikan dokter spesialis berpusat pada peserta didik (student-centered learning), tidak lagi berpusat pada staf pengajarnya (teacher-centered learning). Dengan demikian peserta didik diharapkan dapat mencapai kompetensi yang telah ditetapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *