Monitoring dan Evaluasi Sistem Kesehatan Akademik (Academic Health System /AHS ) Wilayah VI

Senin ,12 Desember 2022 bertempat di gedung Auditorium A.A.Amiruddin Fakultas Kedokteran diselenggarakan acara Pemantauan dan Evaluasi implementasi Surat Keputusan Bersama (SKB) Kemdikbudristek dan kemkes No.2KB/2022 dan No.HK 01.08/MENKES/1269/2022 tentang peningkatan kuota Penerimaan Mahasiswa Program SarjanaKedokteran, Program Dokter Spesialis, dan Penambahan Program Studi Dokter Spesialis melalui sisytem kesehatan akademik dan menindak lanjuti hasil workshop Pengembangan sistem kesehatan / Academic Health System (AHS). Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin , Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes.,Sp.PD-KGH.,Sp.GK(K) sebagai Koordinator AHS wilayah VI melaporkan perkembangan implementasi SKB mengenai strategi konsorsium PPDS-AHS untuk pembukaan Prodi spesialis baru dan Program peningkatan kuota dokter , peningkatan dokter spesialis dari 1 : 3 menjadi 1 : 5 , Rumah Sakit Pendidikan dari 120 menjadi 210 dan masalah NIDK dari wilayah VI.
Target dan evaluasi yang direncanakan 2023 ,proses evaluasi, dan pendataan wilayah VI sudah dilakukan oleh seluruh stakeholder dan permasalahannya .
Beliau juga berharap ada koordinasi yang lebih ke pemerintah daerah dikarenakan tidak akan efektif tanpa dukungan pemerintah daerah dan propinsi dalam hal pengembangan sistem kesehatan (AHS). Acara yang diselenggarakan oleh pihak Kementerian Riset dan Tekhnologi dan Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Program Pendidikan Dokter Spesialis Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin di gedung Auditorium A.Amiruddin hadir Prof. Dr.dr. Ratna Sitompul ,Sp.M (K) dan Prof.dr.Irawan Yusuf,Ph.D keduanya adalah Pokjanas AHS yang memberi arahan terkait AHS didampingi oleh Direktur Program Pendidikan Dokter Spesialis Dr. dr. Andi Muhammad Takdir Musba, Sp.An-KMN. Hadir pula tim komite bersama kemendikbud ristek dan kemkes ,Stakeholder , para Dekan Fakultas Kedokteran dari 14 Universitas wilayah VI , Direktur RS-Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, dan tim coordinator AHS wilayah VI . Medichal sistem Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin yang unik dari yang lain membutuhkan kerjasama tambahan dengan membuat kelompok monitor agar terselenggara AHS dengan baik .

Check Also

Penanda tanganan Kerjasama Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Makassar , Kamis tertanggal 29 Desember 2022 bertempat di Ruang Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin ...