Socialization of Curriculum Book and Guidebook Template

Sosialisasi Format Buku Kurikulum dan  Buku Pedoman Program Studi (Prodi) di lingkungan Fakultas Kedokteran dilaksanakan 21 hingga 24 November 2021 secara luring bertempat di Ruang Senat Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai upaya nyata dari Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Kedokteran agar setiap prodi di Fakultas Kedokteran Unhas memiliki Buku Kurikulum dan Buku Pedoman yang didalamnya sudah sesuai dengan Standar Mutu yang telah ditetapkan oleh Universitas Hasanuddin yang juga mengacu pada standar akreditasi LAM-PTKes.

Kegiatan ini diikuti oleh Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, dan Unit Penjaminan Mutu Departemen di lingkungan Fakultas Kedokteran. Sosialisasi ini dibagi pelaksanaannya menjadi 3 hari yaitu Senin, 21 November 2021; Selasa, 22 November 2021; dan Kamis, 24 November 2021.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik. Dalam sambutannya Dr. dr. Irfan Idris, M.Kes menyampaikan substansi dari buku kurikulum dan buku pedoman. Beliau juga menyampaikan agar semua program studi dapat segera merampungkan buku kurikulum dan buku pedomannya agar dapat disahkan oleh pimpinan institusi.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan de

ngan sosialisasi format buku kurikulum oleh Ketua GPM FK Unhas, dr. Sitti Wahyuni, PhD. Sebelum menyampaikan format buku kurikulum, dr. Sitti Wahyuni, PhD terlebih dahulu menjelaskan mengenai pentingnya kurikulum. Berikut adalah isi yang harus ada dalam buku kurikulum:

  1. Sampul
  2. Pendahuluan
  3. Metode dan Mekanisme Penyusunan Kurikulum
  4. Profil dan Capaian Pembelajaran Lulusan
  5. Struktur Kurikulum
  6. Strategi/ Metode Assesmen

Sosialisasi format buku pedoman di bawakan oleh dr. Aldian Irma Amaruddin. Sebelum masuk ke bagian format beliau menyampaikan pentingnya buku pedoman pada program studi. Berikut adalah isi yang harus ada dalam buku pedoman program studi:

  1. Sampul
  2. Lembar Pengesahan
  3. Daftar Isi
  4. Pendahuluan
  5. Mata Kuliah, Metode, dan Penilaian Pembelajaran
  6. Mahasiswa
  7. Kegiatan Ilmiah dan Pengabdian Masyarakat
  8. Tenaga Pendidik
  9. Tenaga Kependidikan
  10. Fasilitas
  11. Kerjasama, Alumni, dan Stakeholder
  12. Lampiran

Berikut adalah materi yang disampaikan pada 3 Sosialisasi tersebut:

Sebagai tindak lanjut dari sosialisasi tersebut, direncanakan untuk dilakukan Pleno Evaluasi Buku Kurikulum dan Buku Pedoman Prodi di lingkungan FK Unhas pada awal Januari 2022.

   

Tags:

Related Post