JULI

Yuk baca MY Moment Edisi Juli disini sekarang!!

TRAINING OF OPREC TRAINER

Open Recruitment MYRC merupakan kegiatan yang  terdiri dari beberapa tahapan. Pada tahap pendampingan, peserta Open Recruitment akan di bimbing olwh pendamping (tutor) untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pembuatan proposal penelitian. Sebelum tahap pendampingan, calon pendamping tersebut harus dipersiapkan untuk mendampingi calon anggota baru MYRC melalui pelatihan dan pembinaan. Tahapan ini diadakan untuk memberikan pemahaman pada para calon pendamping mengenai cara-cara menyusun proposal selama Open Recruitmen MYRC. Open registration dari training ini dilaksankan pada tanggal 30 mei – 5 juni 2022 dan training di laksanakan pada Minggu, 19 Juni 2022 pukul 13.00 WITA. Adapun beberapa materi yang dibawakan saat training pendampingan untuk materi pertama dibawakan oleh Kak Arman Caesar Ramadhan dengan materi tentang “All About Literature”. Untuk materi ke dua dibawakan oleh Kak Muh. Naufal Zuhair dengan materi “Metodologi Penelitian”. Dan untuk materi ke 3 di bawakan oleh Kak Sanjaya Winarta” dengan materi “gali Ide dan Alur Pembuatan Proposal Penelitian”.

MY STARS (Stand and Research Show)

Sebagai salah satu badan khusus, MYRC memiliki ciri khas serta misi tersendiri untuk turut serta meningkatkan kualitas Kema.  Oleh karena itu, program kerja berupa stand show dan research show ini hadir sebagai suatu wadah untuk memperkenalkan serta meningkatkan eksistensi MYRC ke mahasiswa FK Unhas sebagai badan khusus di bidang keilmiahan. MY Star baru saja dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2022 via zoom meeting dan berjalan dengan baik,  yang dihadiri oleh mahasiswa baru. Dengan narasumber: dr. Itzar Chaidir Islam dan Kak Andi Muh. Aunul Khaliq Gunawan.

Stand Show dilaksanakan dengan menampilkan slide berisikan piala dan piagam, karya-karya, serta video mengenai MYRC  Pada tanggal 1 Juli 2022, dimulai pukul 15:30 WITA. Dirangkaikan dengan sosialisasi OPREC MYRC 20.

OPREC MYRC

PEMBUKAAN dan

TECHNICAL MEETING

Pembukaan dan Technical Meeting (TM) merupakan tahapan awal dari rangkaian kegiatan Oprec MYRC. Pembukaan dan TM dilaksanakan pada hari Kamis, 7 Juli 2022 secara daring melalui Zoom meeting, pukul 16.00 WITA. Pembukaan bertujuan untuk membuka Oprec MYRC secara resmi oleh Wakil Dekan III FK Unhas, Dr. dr. A. Alfian Zainuddin, MKM, disertai sambutan dari dokter Pembina MYRC, dr. Rina Masadah, Sp.PA., M.Phil., DFM, Executive Director MYRC, kak Sanjaya Winarta, Presiden BEM Kema FK Unhas, kak Muh. Fitah Ash’Shidieqy, dan laporan Ketua Panitia, Muh. Azka Al-Atsari. Tema Oprec adalah “Escalating Intellectuality Through Research and Scientific Approach To Achieve Visionary and Brilliant Generation of Young Researcher”.

Setelah resmi dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan Technical meeting (TM). TM bertujuan untuk memaparkan timeline pelaksanaan tahapan kegiatan yang akan dilalui peserta OPREC MYRC 2022. Selain itu, peserta juga dijelaskan terkait grand rules, perizinan, serta indikator kelulusan yang perlu diperhatikan selama mengikuti tahapan kegiatan oprec.

BRAIN PART I &

BRAIN PART II

Brain atau Basic Course, Training, and Interview merupakan salah satu tahapan dari pelaksanaan Oprec MYRC. Brain terdiri dari dua part, yaitu Brain part I dan Brain part II. Brain part I merupakan kegiatan interview Oprec MYRC bagi calon anggota MYRC dan bertujuan untuk mengetahui motivasi, minat, dan komitmen calon anggota baru saat mendaftar menjadi anggota MYRC. Brain part I dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2022 pukul 16.00-selesai via Zoom meeting dengan mekanisme pelaksanakaan masing-masing peserta akan di breakout ke room yang didalamnya terdapat 1 interviewer selama 20 menit. Adapun yang menjadi interviewer adalah Preskoor MYRC, DPO, dan kakak-kakak senior yang berkesempatan untuk hadir.

Setelah resmi dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan Technical meeting (TM). TM bertujuan untuk memaparkan timeline pelaksanaan tahapan kegiatan yang akan dilalui peserta OPREC MYRC 2022. Selain itu, peserta juga dijelaskan terkait grand rules, perizinan, serta indikator kelulusan yang perlu diperhatikan selama mengikuti tahapan kegiatan oprec.

 

 

MY Call

MYRC X LPP BEM IKM FKUI

Kalian tau nggak sih kalau tanggal 2 Juli 2022 kemarin MYRC dan LPP BEM IKM FKUI baru saja melaksanakan kunjungan kerja secara daring melalui Zoom Meeting.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja MYRC yaitu MY Call, MY Call merupakan program kerja yang bertujuan menjalin dan meningkatkan relasi dengan lembaga ilmiah nasional lainnya, menjadi wadah untuk memperoleh informasi maupun pembelajaran dalam hal kelembagaan dan keilmiahan. serta menjadi wadah untuk mendapatkan referensi atau masukan untuk MYRC ke depannya.

Awalnya masing-masing MYRC dan LPP BEM IKM FKUI melakukan pemaparan mengenai lembaga ilmiahnya masing-masing. Pemaparannya sangat menarik dan masing-masing lembaga ilmiah ini punya sistem nya masing-masing yang bisa dibilang cukup berbeda satu sama lain. 

Tidak cukup sampai disitu, untuk menggali lebih jauh, diadakan sharing session dalam bentuk Focus Group Discussion yang tidak kalah menarik. Selain itu, dilakukan games yang menambah keseruan kegiatan ini

Kalian bisa lihat keseruannya melalui foto foto berikut ini

DID YOU KNOW ??

Hand, Feet, & Mouth Diseases

Hand, Feet, & Mouth Disease atau penyakit kaki tangan, mulut (KTM) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Coxsackievirus dan Human Enterovirus 71 (HEV 71).

Di Indonesia penyakit ini dikenal sebagai “Flu Singapura”. BUKAN berarti penyakit ini berasal dari Singapura, NAMUN beberapa sumber mencantumkan terdapat outbreak pertama di Singapura
Gejala diawali dengan :

  • Demam
  • Nyeri tenggorokan/menelan
  • Nafsu makan yang menurun
  • Nyeri/Tidak enak badan

1-2 Hari kemudian timbul bintik-bintik merah di rongga mulut (belakang langit langit mulut) kemudian pecah menjadi sariawan.

Pada fase ini anak susah menelan, tandanya:

  • Tidak mau makan/minum
  • Air liur lebih banyak dari biasanya
  • Hanya ingin minum air dingi

1-2 Hari kemudian timbul ruam ruam kulit dan bintik-bintik merah di telapak tangan dan kaki. Ruam dapat juga timbul di tungkai, lengan, bokong dan kulit sekitar kemaluan

Ruam umumnya tidak gatal, kemerahan, datar, disertai lepuh berisi cairan, sedikit menonjol

Pada dewasa bersifat asimptomatik namun berpotensi menjadi karier dan menyebar virus.

Pada anak timbul gejala dan memburuk pada anak berusia <5 tahun

Virus menyebar melalui ingus, dahak, ludah, lesi kulit pecah, feses.

Belum ditemukan vaksin sehingga solusi terbaik adalah isolasi pasien. Pasien harus waspada terhadap komplikasi seperti kesulitan minum dan makan sehingga menyebabkan dehidrasi, meningitis dan ensefalitis, serta kuku jari tangan dan kaki lepas sementara.

Penyakit ini bersifat self limiting, sehingga terapinya bersifat simptomatik, membaik dalam 7-10 hari, selain itu dapat dibantu dengan agen antiviral Pleconaril yang merupakan tatalaksana umum untuk enterovirus 71.

CONGRATULATION!!!

MAJESTYNAS 2022

UNIVERSITAS PATTIMURA

Medali Emas CABANG GENITOURINARY

Rivaldo Go (MYRC 19 1332)

Ahmad Abizart (MYRC 19 1235)

Medali Emas CABANG CARDIORESPIRATORY

Aria Adiputra Yusuf (MYRC 18 1164)

Karen Kurnia (MYRC 18 1181)

Medali Perak CABANG DIGESTIVE

A. Sri Ramadhani Jabir (MYRC 19 1232)

Stevens Wijaya (MYRC 19 1340)

Keluarga besar Medical Youth Research Club mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang RMO 2022! Semoga dapat menjadi motivasi bagi teman-teman yang lain untuk berkarya dan mengukir prestasi

#ResearchIsFun

Nama Lengkap

Apakah MY MOMENT ini menambah pengetahuan anda mengenai MYRC?

Angkatan MYRC (Jika Anggota)

Feedback