MY MOMENT

NOVEMBER

Yuk baca MY Moment Edisi November disini sekarang!!

I-MYRC

Inauguration of MYRC 20

Setelah menjalani tahap demi tahap rangkaian Open Recruitment calon anggota MYRC 20 akhirnya di kukuhkan pada kegiatan I-MYRC atau Inauguration of MYRC yang dilaksanakan pada Sabtu, 29 Oktober 2022 di Auditorium Prof. Amiruddin Universitas Hasanuddin.

Lebih detailnya, sebanyak 87 mahasiswa kedokteran Universitas Hasanuddin dikukuhkan sebagai anggota baru MYRC 20 atau yang selanjutnya akan dikenal dengan nama P20DIGY. Selain para anggota baru MYRC 20 dan panitia yang telah bekerja keras sehingga kegiatan ini dapat berlangsung sampai selesai, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh dr. Agussalim Bukhari, M.Clin.Med., Pd.D, SpGK(K) selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Muh. Fitrah Ash’Shidieqy selaku Presiden BEM Kema Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, dan Sanjaya Winarta selaku Executive Director MYRC 2022.

Bersama dengan kegiatan ini, dirangkaikan pula kegiatan MY EXPOSE (Embracing Capability for The Sustainable Scientific Atmosphere) yang merupakan kegiatan presentasi lomba dan bedah karya oleh teman-teman anggota MYRC. Kegiatan ini merupakan wadah apresiasi bagi teman-teman anggota MYRC yang telah berprestasi dalam berbagai lomba ilmiah dan telah menyelesaikan penelitian dan karya-karya ilmiah lainnya. Kegiatan ini diisi oleh 7 anggota MYRC yang sudah berpengalaman dalam mengikuti lomba keilmiahan, mereka diantaranya yaitu Imam Adrian R (Research Paper Congress), Muh. Azka Al Atsari (Literature Review), Rif’at Hanifah (Esai Ilmiah), Karen Kurnia (Poster Ilmiah), Poster Edukasi (Muh. Diazulhaj K R), Andi Ilman Agrabudi (Video Edukasi), dan Stevens Wijaya (PKM/PIMNAS).

Selain itu MYRC juga menyiapkan Research Show yang dipandu oleh Executive Director MYRC dan Stand Show yang merupakan pameran karya-karya anggota MYRC seperti Literature Review, Esai Ilmiah, Video Edukasi, Poster Ilmiah dan masih banyak lagi.

Selamat berkarya di MYRC teman teman P20DIGY !

MY ROUTINE : Mini Symposium Part.3

“Stop Domestic Abuse : How Domestic Abuse can be Impact Your Life?”

Dalam rangka meningkatkan dan tetap meng-update pengetahuan mahasiswa tentang isu KDRT. Pada kesempatan kali ini, Mini Symposium digelar dengan mengangkat tema “Stop Domestic Abuse : How Domestic Abuse can be Impact Your Life?”.

Mini Symposium Part.3 dilaksanakan pada Jumat, 4 November 2022 di Lt.5 Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, dengan mengundang Narasumber ahli yaitu M.Fadly Ridwan, S.H yang merupakan sarjana hukum konsentrasi hukum criminal dan dr. Andi Suheyra Syauki, M.Kes., Sp.KJ yang merupakan salah satu dosen dan juga sekertaris dari Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para anggota MYRC dapat membuka wawasan ilmiah dalam memandang isu-isu kekerasan dalam rumah tangga baik yang ada di sekitar kita maupun secara umum di Indonesia dan luar negeri.

MY DELEGATION : Medical Fiesta 2022

Indira Putri D. Sanusi, Muh. Diazulhaj K. R., dan Alfira Syifa berhasil menjadi finalis dalam kegiataan Medical Fiesta 2022 berhasil menjadi salah satu finalis dalam kegiatan lomba ilmiah Medical Fiesta 2022 pada cabang lomba Public Poster.

Sebelum babak final yang dilaksanakan pada 14 November 2022 lalu, pada Rabu, 19 November 2022 dilaksanakan simulasi presentasi yang didampingi oleh kakanda Muhammad Mustajab, S.Ked agar para delegasi lebih siap dalam mengikuti Medical Fiesta 2022.

my call

MYRC FK UNIVERSITAS HASANUDDIN X MEDISCO FK UNIVERSITAS HANG TUAH

Sabtu (5/11/22) melalui aplikasi Zoom Meeting, telah dilaksanakan kegiatan kunjungan kerja antara lembaga ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin yaitu MYRC (Medical Youth Research Club) dan lembaga ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah yaitu MEDISCO (Medical Scientific Organization).

Kegiatan ini tersusun dari berbagai rangkaian item acara yang seru dan tentunya menambah pengetahuan.  Pertama-tama, kegiatan dibuka melalui pemaparan dan sambutan kedua ketua Lembaga ilmiah yang ikut dalam kegiatan ini. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan sesi Ice Breaking yang seru dan menyenangkan. Selain itu, pada kegiatan ini juga, masing masing departemen dan rekan imbangannya diberikan kesempatan untuk bertukar pikiran di dalam break out room yang telah disiapkan panitia.

Meskipun dilaksanakan secara online, namun kedua Lembaga dapat dengan akrab berdiskusi dan bertukar pikiran seolah sedang bertatap muka.

“Semoga MYRC dan MEDISCO dapat terus maju dan berkembang sebagai salah satu Lembaga Ilmiah Kedokteran di Indonesia.”

MY CLUSTER

BASIC CLASS

Basic class merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan sumber daya anggota MYRC dengan pemberian materi terkait bidang masing-masing secara sistematis dan bertahap dan dilanjutkan dengan pembuatan karya. Tujuan diadakannya basic class yaitu untuk menumbuhkan research behaviour dan semangat dalam berkarya anggota MYRC 20, meningkatkan kualitas karya dan rasa kekeluargaan serta kerja sama antar anggota MYRC 20, dan mengasah kemampuan anggota MYRC 20 dalam membuat karya.

Basic class terdiri dari tiga bidang, diantaranya: karya tulis ilmiah, penelitian, dan media publikasi. Basic class dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 19-20 November 2022 melalui zoom meeting. Kegiatan ini diikuti oleh peserta basic class angkatan P20DIGY (angkatan 20 MYRC). Topik dari kegiatan ini berupa pemberian materi oleh para pakar pada masing-masing bidang. Adapun pemateri dari bidang penelitian adalah kak Sanjaya Winarta dan kak Rivaldo Go. Bidang karya tulis ilmiah menghadirkan Muhammad Azka Al Atsari dan Rif’at Hanifah. Sementara itu, dari bidang media publikasi mengundang Karen Kurnia sebagai pemateri. Basic Class berjalan dengan baik dan lancar.

DID YOU KNOW? Kejadian Luar Biasa Polio

Pemerintah RI mendadak menetapkan polio sebagai kejadian luar biasa(KLB) dengan ditemukannya kasus lumpuh layu (polio) di Pidie, Aceh pada seorang anak 7 tahun yang belum menerima vaksin apapun dimana ia mengalami demam serta kelemahan dan nyeri otot gerak yang berakhir dengan kelumpuhan.

Indonesia pernah alami KLB Polio sebelumnya dimana pada tahun 2005-2006 dengan total 305 kasus virus polio tipe 1. polio berstatus endemi pada 2 negara, yakni Afganistan dan Pakistan. virus polio kini menyebar melalui jalur feco-oral, serta kontaminasi air atau makanan. virus polio bermultiplikasi di usus dan dapat menginvasi saraf sehingga dapat menyebabkan kelumpuhan. tidak ada obatnya sehingga polio hanya bisa dicegah dengan vaksin. pemulihan polio berfokus pada membatasi dan mengurangi gejala. terapi panas dan fisik juga dapat membantu stimulasi otot. obat antispasmodik digunakan untuk membantu otot yang terpengaruh relaks. terapi juga dapat meningkatkan mobilitas tapi tidak dapat membalikkan kondisi lumpuh permanen akibat polio.

Yuk, mari kita lancarkan Vaksinasi Polio sejak dini untuk lindungi si kecil dari ancaman kelumpuhan.

Nama Lengkap

Apakah MY MOMENT ini menambah pengetahuan anda mengenai MYRC?

Angkatan MYRC (Jika Anggota)

Feedback