MY MOMENT

OKTOBER

Yuk baca MY Moment Edisi Oktober disini sekarang!!

MY MOMENT

HASANUDDIN SCIENTIFIC FAIR 2022

Hasanuddin Scientific Fair (HSF) adalah ajang ilmiah tahunan yang dilaksanakan oleh MYRC yang dikoordinir langsung oleh departemen Public Relation (PR). Pada tahun ini HSF diselengarakan pada tanggal 14-16 Oktober 2022 dengan mengusung tema Combating Uronephrology Diseases: A Holistic Approach to Treat and Prevent Uronephrology Diseases in The Modern Day Society”. HSF 2022 ini masih diselenggarakan secara online dikarenakan situasi saat ini masih dalam masa adaptasi setelah melewati pandemi, HSF kali ini diikuti oleh 20 Universitas yang berasal dari seluruh Indonesia.

 

HSF ini dimulai dengan kegiatan Technical Meeting pada tanggal 14 Oktober 2022. Hari kedua tanggal 15 Oktober diadakan Welcoming Party berupa acara pembukaan kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Bapak Abdullah Sanusi, SE., MBA., Ph.D selaku Direktur Alumni dan Penyiapan Karier Universitas Hasanuddin, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Kompetisi Nasional dimana para finalis dari masing-masing cabang lomba Literature Review, Research Paper Congress, Esai Ilmiah, Poster Publik dan Video Edukasi melakukan presentasi karya secara parallel.

Pada hari ketiga tanggal 16 Oktober diselenggarakan International Symposium dengan tema Current Update of Evidence and Management in Uronephrology Diseases to Improve Global Health”. Simposium ini terdiri dari 3 sesi yang dibawakan oleh 1 narasumber internasional yang berasal dari Jepang dan 5 narasumber nasional yang berkompeten diantaranya Prof. Hideaki Ishikawa, dr. Hadrati Razak, M.Kes, Dr. dr. Hasyim Kasim, Sp.PD-KGH, FINASIM, Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, Sp.PD-KGH, Sp.GK, M.Kes, FINASIM, dr. Syarif Bakri, SpU (K) dan dr. Lukman Hakim, SpU (K). Simposium ini diikuti oleh mahasiswa kedokteran termasuk para delegasi HSF 2022, dokter muda, dokter umum dan dokter residen.

Setelah kegiatan simposium, dilanjutkan dengan Farewell Party sebagai rangkaian acara yang berisi hiburan bagi para delegasi yang telah berkompetisi dan sekaligus dirangkaikan dengan penutupan kegiatan yang ditutup langsung oleh dr. Agussalim Bukhari, M.Clin.Med., Pd.D., SP.GK(K) selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, dan di penghujung Farewell Party diadakan pengumuman juara untuk masing-masing cabang lomba.
Itulah kegiatan HSF 2022 yang kembali dilaksanakan oleh Medical Youth Research Club (MYRC). Terima kasih kepada seluruh delegasi dari 20 Universitas di Indonesia yang telah berpartisipasi pada HSF tahun ini. See you in next competition, Hasanuddin Scientific Fair 2023!

Selain ajang kompetisi, kegiatan HSF 2022 juga dirangkaikan dengan international Symposium yang mengangkat tema “Current Update of Evidence and Management in Uronephrology Diseases to Improve Global Health” yang dilaksanakan pada Minggu, 16 Oktober 2022.

REBOND

Research Outbond

Sabtu, 22 Oktober 2022 telah dilaksanakan kegiatan research outbond di Pantai Akarena.

Kegiatan ini diikuti oleh 53 peserta Oprec MYRC 20 serta kakak-kakak DPO dan Preskoor MYRC.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan nilai kebersamaan, kekeluargaan dan cinta tehadap organisasai serta meningkatkan pengetahuan calon anggota MYRC.

BRITAIN

Basic Research Statistic Training atau yg dikenal dengan Britain merupakan salah satu kegiatan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan anggota MYRC tentang dasar-dasar dalam uji Statistik yang dapat meliputi pengolahan dan analisis data baik secara univariat, bivariat, dan multivariat dengan menggunakan program SPSS.

Apa sih Statistik itu? statistik adalah suatu metode untuk mengumpulkan, menganalisis, menyajikan, serta menginterpretasikan hasil analisis data untuk memperkirakan besarnya asosiasi (hubungan) dan untuk menguji hipotesis dalam wujud angka-angka. Peranan statistika dalam penelitian sangatlah penting, khususnya dalam hal pengolahan data.

Salah satu software uji statistik dasar yang populer digunakan dalam mengolah dan menganalisis data hasil penelitian  yaitu SPSS. Untuk memenuhi salah satu kompetensi lanjutan MYRC, dibutuhkan kemampuan untuk mengolah data hasil penelitian. Berdasarkan hal tersebut, diadakanlah suatu program kerja yaitu

BRITAIN (Basic Research Statistic Training)

BRITAIN menjadi wadah untuk memenuhi kompetensi tersebut. dan Britain baru saja dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2022 via zoom dengan pameteri oleh dr. Itzar Chaidir Islam, M. Biomed yang diikuti oleh sejumlah anggota MYRC.

Did You Know

Mysterious Acute Kidney Injury

Pada awal kasus Mysterious Acute Kidney Injury di Gambia terdapat 69 kasus anak meninggal akibat kontaminasi pada sirup paracetamol. Di Indonesia, dilaporkan 133 kasus Acute Kidney Injury (AKI) terasosiasi sirup parasetamol anak. Konsumsi sirup parasetamol anak dipresepsikan untuk demam, batuk, pilek, dan nyeri. Solvent, seperti gliserin, propilen glikol, sorbitol, dan polieten glikol adalah bahan dasar cairan untuk parasetamol yang tidak larut air. Digunakan sebgai pengawet, pengental, pemanis, dan agen antimikrobial. Yang lebih murah terkadang mengandung kontaminasi. Diethylene glycol (DEG) dan ethylene glycol (EG). Kontaminasi dari Diethylene glycol (DEG) dan ethylene glycol (EG) beracun dan berakibat fatal.

Gejala meliputi demam, tidak BAK, muntah dan diikuti oleh gagal ginjal akut. Juga nyeri perut, diare, penurunan kesadaran hingga kematian. DEG dan EG membentuk asam oksalat. Dan Kristal oksalat  tersebut dapat menyumbat tubulus kecil pada ginjal yang mengganggu filtrasi dan mempengaruhi konsentrasi urine. Merusak susunan sel tubulus sehingga racun yang seharusnya dikeluarkan menjadi terakumulasi sehingga penderita dapat mengalami asidosis metabolik dan gangguan elektrolit.

Ambang batas aman DEG dan EG sebanyak 0,5 mg/kg berat badan per hari. Namun, hasil cemaran EG dan DEG belum dapat disimpulkan berkaitan dengan kejadian gagal ginjal akut yang marak. Banyak faktor risiko lain yang perlu dipertimbangkan, seperti: infeksi virus, infeksi bakteri Leptospira, Multisystem Inflammatory Syndrome in Children (MIS-C), Sindrom peradangan multisistem pasca COVID-19. Antidote keracunan DEG dan EG adalah fomepizole dan ethanol. Pemberian ethanol sulit dikontrol dan mempunyai komplikasi seperti ensefalopati dan depresi napas. Selain itu, cuci darah (dialysis) dapat dijadikan sebagai alternative.

SUMBER:

Thiagarajan, K. (2022) “WHO investigates cough syrups after deaths of 66 children in Gambia”, BMJ, p. o2472. doi: 10.1136/bmj.o2472. https://www.bmj.com/content/379/bmj.o2472.full

Marraffa, Jeanna & Holland, Michael & Stork, Christine & Hoy, Christopher & Hodgman, Michael. (2007). Diethylene Glycol: Widely Used Solvent Presents Serious Poisoning Potential. The Journal of emergency medicine. 35. 401-6. 10.1016/j.jemermed.2007.06.025.  https://www.researchgate.net/publication/5823237_Diethylene_Glycol_Widely_Used_Solvent_Presents_Serious_Poisoning_Potential

Medical Product Alert N°6/2022: Substandard (contaminated) paediatric medicines (2022). https://www.who.int/news/item/05-10-2022-medical-product-alert-n-6-2022-substandard-(contaminated)-paediatric-medicines

Bpom. Informasi Keempat Hasil Pengawasan Bpom Terhadap Sirup Obat Yang Diduga Mengandung Cemaran Etilen Glikol (Eg) Dan Dietilen Glikol (Deg) (2022) Https://Www.Pom.Go.Id/New/View/More/Klarifikasi/158/Informasi-Keempat-Hasil-Pengawasan-Bpom-Terhadap-Sirup-Obat-Yang-Diduga-Mengandung-Cemaran-Etilen-Glikol–Eg–Dan-Dietilen-Glikol–Deg-.Html

CONGRATULATIONS!!!

IMO 2022

UNIVERSITAS CIPUTRA SURABAYA

GOLD MEDAL IMO 2022 BIDANG GENITOURINARY
‍⚕Ahmad Abizart (MYRC 19 1235)
⚕ Rivaldo Go (MYRC 19 1332)

SILVER MEDAL IMO 2022 BIDANG CARDIORESPIRATORY
⚕ Karen Kurnia (MYRC 18 1181)
⚕ Aria Adiputra Yusuf (MYRC 18 1164)

Keluarga besar Medical Youth Research Club mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang HSF 2022!
Semoga dapat menjadi motivasi bagi teman-teman yang lain untuk berkarya dan mengukir prestasi

#ResearchIsFun

Nama Lengkap

Apakah MY MOMENT ini menambah pengetahuan anda mengenai MYRC?

Angkatan MYRC (Jika Anggota)

Feedback