MY MOMENT

SEPTEMBER

Yuk baca MY Moment Edisi September disini sekarang!!

MY DELEGATION : PRESENTASI DELEGASI TEMILNAS

Tim MY Delegation kembali lagi untuk membantu teman-teman MYRC yang lolos menjadi finalis dalam lomba keilmiahan dengan melaksanakan kegiatan simulasi presentasi. Kali ini teman-teman finalis dalam perlombaan Temilnas 2022.

Pada Senin, 20 September 2022, teman-teman finalis dari cabang lomba literature review dan poster publik melakukan simulasi presentasi Poster Publik di dampingi oleh dr. Munawir dan presentasi Literature Review didampingi oleh Kak Muh Anfasa G selaku juri untuk membantu menilai teman-teman delegasi. Diharapkan melalui kegiatan ini, setiap tim dapat lebih mempersiapkan diri dan bahan presentasinya sebaik mungkin.

Semangat untuk teman-teman Delegasi !

OPREC MYRC : PREPETITION

Kegiatan Open Recruitment anggota MYRC masih berlanjut Tahap PREPETITION diadakan dalam dua bagian yaitu Tahap Preparation yang diadakan Sabtu, 20 Agustus 2022  di RKF 307 dan Gazebo, dan dilanjutkan pada Tahap Repetition  yang diadakan Sabtu, 10 September 2022 di LT5.

Dalam tahap ini 105 peserta yang telah melulusi tahap pendampingan akan melakukan presentasi proposal untuk saling bersaing mendapatkan juara. Kegiatan ini menjadi wadah bagi calon anggota MYRC untuk berkompetisi dan mengekspresikan karyanya dan sebagai bentuk apresiasi serta evaluasi dalam proses Open Recruitment tahap pendampingan.

Pada tahap prepetition setiap peserta akan melakukan presentasi dan kemudian dinilai oleh 3 juri yang berasal dari kalangan dokter di Universitas Hasanuddin.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi, semangat dan jiwa kompetisi calon anggota MYRC dalam bidang penelitian dan lomba keilmiahan.

Yuk Cek Keseruannya melalui foto foto di samping ini!

Journal Reading 3

Penurunan prevalensi stunting pada balita adalah agenda utama Pemerintah RI. Sekretariat Wakil Presiden mengkoordinasikan upaya percepatan penurunan stunting agar konvergen, baik pada perencanaan, pelaksanaan, termasuk pemantauan dan evaluasinya di berbagai tingkat pemerintahan, termasuk desa. Setwapres mendorong keterlibatan semua pihak dalam percepatan penurunan stunting agar prevalensi turun hingga 14% pada 2024 nanti. Oleh karena itu, Journal Reading kali ini mengangkat tema “Indonesia’s Future : Stunting or Stunning?”. Selain membahas tentang isu kesehatan stunting, journal reading 3 juga membahas tentang cara membaca jurnal dengan baik dan benar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Agustus 2022 pukul 13.00 WITA – Selesai melalui zoom meeting. Pematerinya ialah kak Rivaldo Go dan disupervisi oleh dr. Yenni Yusuf, M. InfestDis, PhD. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.

Did you know?

Tomat Flu, Wabah Baru?

Tomato Flu dilaporkan mewabah di Kerala, India sejak 6 Mei 2022. Gejalanya ditandai dengan munculnya ruam kulit kemerahan dan melepuh seperti tomat. Namun tidak perlu khawatir, Tomato Flu tidak disebabkan oleh virus baru, melainkan merupakan penyakit Hand Foot & Mouth Diseases yang disebabkan oleh Coxsakie A16 Virus.

                            

Penyakit ini memiliki gejala mirip Chikungunya seperti demam, diare, dehidrasi, nyeri badan, selesma, mual dan muntah serta gejala ruam yang mirip seperti Monkeypox.

Penyakit ini sangat menular. Sehingga perlu melakukan isolasi diri 5-7 hari setelah gejala muncul. Menular melalui kontak dekat, permukaan tidak bersih dan sebagainya.

Penyakit Tomato Flu bentuknya tidak seperti bentuk HFM yang biasa, namun jangan khawatir, penyakit ini tidak mengancam jiwa dan bersifat self-limiting (sembuh sendiri)

Semoga Cepat Pulih dari Endemi Ini.

Sumber :

  • Chavda, V., Patel, K. and Apostolopoulos, V., 2022. Tomato flu outbreak in India. The Lancet Respiratory Medicine,.https://doi.org/10.1016/S2213-2600(22)00300-9 https://www.bmj.com/content/378/bmj.o2101
  • Thiagarajan, K., 2022. Reports of “tomato flu” outbreak in India are not due to new virus, say doctors. BMJ, p.o2101.https://doi.org/10.1136/bmj.o2101 https://www.bmj.com/content/378/bmj.o2101
  • Tang, Julian W. BA, MA, MBChB, PhD, MRCP, FRCPath*,†; Iqbal, Aitka MD‡; Hamal, Shama MD*; Mohamedanif, Tarannum BSc*; Tipping, Leah F. MSc*; Toovey, Oliver T.R. MD*; Celma, Cristina C. PhD§; Beard, Stuart PhD§; Barer, Michael R. MD, PhD*,†. Kerala Tomato Flu – A Manifestation of Hand Foot and Mouth Disease. The Pediatric Infectious Disease Journal: August 19, 2022 – Volume – Issue – 10.1097/INF.0000000000003668 doi: 10.1097/INF.0000000000003668 https://journals.lww.com/pidj/fulltext/9900/kerala_tomato_flu___a_manifestation_of_hand_foot.160.aspx
  • The Conversation. 2022. ‘Tomato flu’ outbreak in India – here’s what it really is. https://theconversation.com/tomato-flu-outbreak-in-india-heres-what-it-really-is-189413
Nama Lengkap

Apakah MY MOMENT ini menambah pengetahuan anda mengenai MYRC?

Angkatan MYRC (Jika Anggota)

Feedback