JUNI

Yuk baca MY Moment Edisi Juni disini sekarang!!

MY DELEGATION: Presentasi Delegasi Majestynas

Presentasi Delegasi merupakan simulasi presentasi lomba ilmiah oleh teman-teman MYRC yang lolos menjadi finalis kemudian dinilai oleh juri dari kalangan dokter ataupun senior menggunakan sistem penilaian yang sesuai dengan guideline lomba tersebut. Presentasi Delegasi hadir untuk memfasilitasi dan memberikan gambaran kepada para delegasi dalam mempersiapkan presentasi perlombaan yang diikutinya. Melalui presentasi delegasi, diharapkan setiap tim mendapatkan gambaran mengenai presentasi perlombaan yang diikutinya sehingga bisa mempersiapkan diri dan bahan presentasi sebaik mungkin.

Presentasi Delegasi Majestynas 2022 dilaksanakan pada Kamis, 2 Juni 2022 pukul 19.45 WITA via Zoom Meeting yang dimana presentasi Delegasi wajib dihadiri oleh delegasi MYRC yang menjadi finalis lomba, juri, PJ MY Delegation, serta terbuka untuk setiap anggota MYRC yang berminat menyaksikan presentasi para delegasi.

JOURNAL READING 2:

Analyzing Data to Strengthen Your Reference

Journal Reading 2 merupakan salah satu kegiatan My Routine yang dilaksanakan dalam bentuk pemberian materi oleh pemateri tentang membaca jurnal yang baik dan benar serta dilaksanakan diskusi interaktif antar pemateri dan peserta dalam membedah journal secara sistematis.

Pemberian materi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai dunia penelitian agar tetap ter-update baik dari topik penelitian, hasil penelitian, maupun isu-isu penelitian terkini terutama di bidang kesehatan. 

Journal Reading 2 ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Mei 2022. Mulai pukul 13.00 wita – selesai melalui zoom meeting. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin dan masyarakat umum. Adapun narasumbernya yaitu dr.Faqi Nurdiansyah Hendra yang membawakan materi berjudul “Analyzing Data To Strengthen Your Reference”.

“Research is creating new knowledge.”

- Neil Armstrong

Expert Class: Presentasi Karya​

Expert class adalah program yang dibuat sebagai kaderisasi tingkat lanjut untuk anggota MYRC dengan mengembangkan kompetensi anggota MYRC pada setiap bidang  Keilmiahan seperti KTI, Penelitian dan Media Publikasi. Tujuan dari pelaksanaan expert class adalah untuk menumbuhkan research behaviour dan semangat dalam berkarya serta mengasah kemampuan anggota MYRC 18 dan 19 dalam pembuatan karya. Setelah tahap pemberian materi dan pembuatan karya, tahapan selanjutnya adalah proses presentasi karya dari masing-masing bidang. 

Expert class tahap presentasi karya dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2022 pukul 10.00 WITA-selesai melalui Zoom Meeting. Dalam tahapan presentasi karya masing-masing peserta mempresentasikan karya yang telah dibuat sebelumnya dan akan dinilai oleh para reviewer dan juri yang ahli di setiap bidang. 

Bidang karya yang dipresentasikan meliputi: bidang Penelitian, bidang Karya Tulis Ilmiah, dan bidang Media Publikasi. Adapun juri pada bidang penelitian adalah dr. Rusdina Bte Ladju, Ph.D dan dr. Munawir, M.Kes, Sp.MK, juri pada bidang Karya Tulis Ilmiah adalah dr. Faqi Nurdiansyah Hendra, MD dan dr. Itzar Chaidir Islam, serta juri pada bidang Media Publikasi adalah Anfauziyah Eka Lestari, S.Ked dan I Kadek Irwan Setiawan, S. Ked.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta expert class angkatan INCRED18LE (angkatan 18 MYRC) dan angkatan 1N9ENIOUS (angkatan 19 MYRC).

Dokumentasi Expert Class

DID YOU KNOW ??

Ramsay Hunt Syndrome

Pada 11 Juni 2022 Justin Bieber membatalkan jadwal turnya dikarenakan kondisi kelumpuhan otot wajah akibat reaktivasi dari virus varicella-zoster. Disertai nyeri ruam sinanaga dan kehilangan pendengaran. Selain kelumpuhan dari otot wajah, gejala juga dapat disertai tinnitus, vertigo, mulut dan mata kering, serta dysgeusia/ageusia

Pada kasus Justin Bieber ini kelumpuhan otot wajah terjadi unilateral seperti umumnya, namun beberapa kasus terjadi bilateral sementara, namun efeknya dapat permanen yang dimana jika tidak ditangani segera maka dapat menyebabkan:

  • Kelumpuhan otot muka
  • Kerusakan kornea
  • Postherpetic Neuralgia

Selain itu Bell’s Palsy adalah kondisi serupa, namun yang membedakannya pada Ramsay Hunt Syndrome:

  • Terdapat ruam varicella-zoaster
  • Kelumpuhan otot wajah yang lebih serius

Tahukah kalian? Bawa sindrom ini tidak menular, namun terjadi karena reaktivasi dari varicella-zoaster yang dapat menyebabkab cacar air jika orang sekitar belum pernah terpapar/belum tervaksinasi.

Jangan kontak dulu ya, dengan yang belum pernah vaksin/sakit cacar air!

CONGRATULATION!!!

MAJESTYNAS 2022

Universitas Muhammadiyah Jakarta

1st Winner Of Video Edukasi

Andi Ilman Agra budi

Cindy Marsela

Nur Hafid As Zajadah

2nd Winner Of Literature Review

Asilah Nurul Qalbi

Muhammad Azka Al Atzari

Rif’at Hanifah

Semoga dapat menjadi motivasi bagi teman-teman yang lain untuk tetap berkarya, terus beprestasi dan jadi juara yaa!

#ResearchIsFun

Nama Lengkap

Angkatan MYRC (Jika Anggota)

Apakah MY Moment menambah pengetahuan anda mengenai MYRC?

Feedback