Terapi tertawa adalah jenis terapi yang menggunakan humor untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan stres serta meningkatkan rasa kesejahteraan seseorang. Terapi ini dapat digunakan untuk membantu mengatasi nyeri pada penyakit serius, seperti kanker. Terapi tawa dapat mencakup latihan tertawa, badut, film komedi, buku, permainan, dan teka-teki. Terapi ini adalah jenis terapi komplementer dan juga disebut sebagai terapi humor.

               Ada lima jenis tertawa dalam sudut pandang medis dan terapeutik yaitu spontaneous laughter, simulated laughter, stimulated laughter, induced laughter, dan pathological laughter. Spontaneous  laughter adalah tawa yang tidak terkait dengan keinginan sendiri tetapi dipicu oleh rangsangan (eksternal) dan emosi positif yang berbeda. Simulated laughter adalah tawa yang dipicu oleh diri sendiri sesuka hati (diinduksi sendiri), tanpa alasan tertentu (sengaja, tanpa syarat), dan oleh karena itu tidak menimbulkan oleh humor, kesenangan, rangsangan lain, atau emosi positif. Stimulated laughter adalah tawa yang terjadi sebagai hasil dari kontak fisik atau tindakan (refleks) dari faktor eksternal tertentu (yaitu menjadi geli, gerakan wajah atau tubuh tertentu). Induced laughter adalah tawa sebagai hasil dari efek obat atau zat tertentu (misalnya alkohol, kafein, amfetamin, ganja, lysergic acid diethylamide atau LSD, nitrous oxide atau ”laughing gas”, dan masih banyak lagi). Terakhir, pathological laughter adalah tawa akibat cedera sekunder pada sistem saraf pusat yang disebabkan oleh berbagai penyakit neurologis sementara atau permanen dan juga dapat terjadi dengan gangguan kejiwaan tertentu.

               Terapi tawa (mencakup yoga tawa, pertunjukan komedi, pertunjukan badut, dan lelucon) telah diterapkan sebagai complementary intervention sejak tahun 1970-an. Terapi tawa dapat bermanfaat bagi kesehatan melalui berbagai mekanisme, termasuk latihan otot, peningkatan pernapasan dan sirkulasi darah, perbaikan pencernaan, menurunkan hormon emosional, meningkatkan pertahanan sistem kekebalan tubuh , meningkatkan ambang nyeri dan toleransi, dan meningkatkan fungsi mental. Para peneliti telah menyelidiki kemanjuran terapeutik dari terapi ini, dan melaporkan bahwa terapi ini dapat memiliki efek positif dan terukur pada berbagai kondisi medis, seperti depresi, kecemasan, stres, demensia, dan nyeri tanpa efek buruk pada kesehatan. Selain itu, para peneliti juga melaporkan bahwa terapi tawa dapat mengurangi tingkat depresi, kecemasan, dan stres pada pasien kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan pada beberapa penderita kanker menunjukkan bahwa dengan terapi tertawa dapat meningkatkan kualitas hidup dari pasien tersebut. Selain itu, dari segi ekonomi, terapi ini juga tidak membutuhkan biaya yang banyak.

               Jadi sebagai kesimpulan, meskipun terapi ini tidak dijadikan sebagai terapi utama dalam menunurkan kualitas nyeri dari seseorang, terapi ini tetap disarankan untuk dijadikan sebagai terapi tambahan yang telah dibuktikan mampu membantu menurunkan kualitas nyeri dari pasien.

 

Sumber :

  • Definition of laughter therapy – NCI Dictionary of Cancer Terms – National Cancer Institute [Internet]. [cited 2021 Jan 24]. Available from: https://www.cancer.gov/publications/dictionaries/cancer-terms/def/laughter-therapy
  • Yim JE. Therapeutic benefits of laughter in mental health: A theoretical review. Tohoku J Exp Med. 2016;239(3):243–9.
  • Morishima T, Miyashiro I, Inoue N, Kitasaka M, Akazawa T, Higeno A, et al. Effects of laughter therapy on quality of life in patients with cancer: An open-label, randomized controlled trial. PLoS One [Internet]. 2019 Jun 1 [cited 2021 Jan 24];14(6). Available from: /pmc/articles/PMC6597115/?report=abstract

Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Catur Wulan 1

Badan Pengurus (BP) MYRC Periode 2021

           Setelah melewati rapat kerja beberapa bulan sebelumnya, BP MYRC Periode 2021 melaksanakan LPJ Caturwulan 1 pada Sabtu, 24 April 2021. LPJ ini berisi pemaparan evaluasi dari semua program kerja yang telah terlaksana dan pemaparan mengenai perkembangan beberapa program kerja yang masih dalam tahap perencanaan dan persiapan. Seluruh BP MYRC Periode 2021, Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) Periode 2021, dan beberapa anggota MYRC turut mengikuti LPJ kali ini. Pencapaian indikator keberhasilan dari setiap departemen menunjukkan kinerja yang baik dari BP MYRC pada caturwulan 1. Tentu saja bukan hanya BP yang patut diapresiasi, anggota MYRC yang selalu aktif berpartisipasi dalam setiap program kerja dan aktif dalam mengikuti setiap kompetisi ilmiah di caturwulan ini juga patut diapresiasi karena selalu meramaikan kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh BP MYRC.

            LPJ Caturwulan 1 yang rencananya akan dilaksanakan selama dua hari, dapat diselesaikan dalam sehari dengan pemanfaatan waktu yang efektif pada saat pemaparan dan sesi tanya jawab. DPO banyak memberikan tanggapan serta masukan pada setiap pemaparan departemen sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi untuk program-program kerja yang akan dilaksanakan kembali dan yang masih dalam tahap perencanaan. LPJ ditutup pada sore hari setelah pemaparan dari Presidium MYRC 2021. Semoga semangat dari teman-teman Badan Pengurus MYRC untuk melaksanakan semua program kerjanya bertahan sampai akhir masa jabatan. Yuk kita lihat bagaimana pemaparan pada LPJ Caturwulan 1 dan tangggapan dari Executive Director, General Secretary, dan Treasurer mengenai LPJ Caturwulan 1 kali ini!

         LPJ Cawu 1 merupakan checkpoint pertama dari kepengurusan tahun ini. Tidak terasa kita sudah memasuki 1/3 checkpoint yang akan menjadi kegiatan pertanggung jawaban atas program kerja yang telah dilaksanakan. Adapun masukan dan saran dari teman-teman Badan Pengurus maupun dari kakak-kakak MYRC, semua kami tampung demi keberlangsungan MYRC dalam mewujudkan visi misi keilmiahan. Semoga setelah LPJ Caturwulan 1 ini, semua kritik, saran, dan masukan dapat dijadikan sebagai pembelajaran bagi Badan Pengurus sehingga dapat melaksanakan program kerja dengan lebih baik lagi. Terima kasih kepada para PJj dan teamwork yang telah turut menyukseskan program kerja MYRC di caturwulan 1 ini. Research is fun~
Muh. Naufal Zuhair
Executive Director MYRC
         Alhamdulillah LPJ Caturwulan 1 bisa berjalan dengan lancar karena adanya tahapan pra-LPJ sebelumnya yang cukup membantu dalam kelancaran pelaksanaan LPJ. Harapan ke depannya semua program kerja dapat berjalan dengan baik dan sukses, dan semakin banyak minat dari anggota biasa dan luar biasa MYRC untuk ikut serta dalam meramaikan LPJ selanjutnya.
Annisa Dewi Handayani
General Secretary MYRC
        Tidak terasa sudah 3 bulan program kerja MYRC 2021 berjalan hingga sampai di LPJ Caturwulan 1. Dimulai dari tahap persiapan hingga tahap pelaporan, alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Saya harap teman-teman BP MYRC 2021, seluruh anggota MYRC, dan juga warga KEMA tetap semangat dalam menjalankan maupun mengikuti proker2 MYRC ke depannya. Ditunggu!
Shafa Nabilah Arif
Treasurer

Pengumuman Tahap Pendanaan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021

           PKM merupakan ajang kompetisi yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Indonesia di bawah pengaturan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). PKM merupakan salah satu upaya untuk menampung, mewadahi, dan mengimplementasikan ide-ide kreatif serta inovatif yang ada pada mahasiswa. PKM saat ini memfokuskan mahasiswa untuk memahami dan ikut berkontribusi dalam mewujudkan tujuan kehidupan dunia yang dirancang oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Terdapat 8 kelompok PKM yang diperlombakan pada tahun ini, yaitu PKM Bidang Riset (PKM-R), PKM Bidang Kewirausahaan (PKM-K), PKM Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM Bidang Penerapan Iptek (PKM-PI), PKM Bidang Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).

            Tahap seleksi proposal PKM di Universitas Hasanuddin (Unhas) dimulai pada awal Bulan Februari sampai akhir bulan Maret 2021. Seleksi proposal diadakan dalam 2 gelombang dan diperiksa oleh Tim Kelompok Kerja (Pokja) PKM Unhas. Setelah melalui tahap seleksi proposal, diumumkan tim-tim yang mendapatkan Personal Identification Number (PIN) yang akan mengunggah proposalnya di website Simbelmawa. Setelah penantian panjang, akhirnya pada tanggal 6 Mei 2021 Dikti mengeluarkan pengumuman tim yang lolos dalam tahap pendanaan PKM 2021. Sebanyak 155 tim dari Unhas menerima pendanaan dan 13 tim di antaranya berasal dari Fakultas Kedokteran. Tentu saja banyak anggota MYRC yang ikut berpartisipasi dalam tim-tim tersebut baik sebagai ketua maupun anggota. Penasaran kan siapa saja orangnya? Yuk kita lihat!

Next, ayo kita lihat bagaimana tanggapan orang-orang yang lolos pada tahap pendanaan ini!

         Mengikuti ajang keilmiahan sekelas Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan kesyukuran besar bagi saya. PKM mengajarkan banyak hal, terutama pada sisi profesionalisme dan kerja sama. Setelah tahun lalu gagal untuk lulus pendanaan, kami mengambil pengalaman dari hal tersebut. Semoga kesempatan besar tahun ini bisa kami maksimalkan dengan baik dan dapat berbuah manis, berupa medali di Pimnas diikuti dengan pelajaran-pelajaran berharga di setiap proses yang berjalan.


Muh. Radhi Siriwa
MYRC-17-1090
        Persiapan pengunggahan proposal PKM tahun ini berlangsung cukup panjang. Walaupun tim kami sebagian besar baru mengikuti PKM untuk pertama kalinya, tetapi berbekal niat dan usaha dari masing-masing anggota tim, pengunggahan proposal bisa dilakukan tepat waktu. Setelah bertawakkal selama menunggu pengumuman tahap pendanaan, Alhamdulillah satu pintu perjuangan untuk mencapai PIMNAS terbuka untuk tim kami. One step closer. Semoga semua ide-ide yang telah dituangkan dalam proposal setiap tim dari Unhas bisa berjalan dengan lancar. Semangat semua!
Annisa Sri Wulandari Putri
MYRC-18-1161

rapat open recruitment (OPREC) MYRC 2021

          Sebagai sebuah organisasi, regenerasi di setiap periode waktu yang telah ditentukan perlu dilakukan. Oleh karena itu, diperlukan tahapan-tahapan dalam penyeleksian regenerasi selanjutnya yang diharapkan dapat memunculkan gebrakan-gebrakan baru yang lebih baik di MYRC. Pada Sabtu, 22 Mei 2021 telah dilakukan Rapat Rutin OPREC MYRC 2021 secara virtual via Zoom Meeting. Dalam rapat tersebut, setiap divisi diberikan kesempatan untuk memaparkan progress dari tiap divisi tersebut. Nantinya, rapat rutin OPREC MYRC akan terus berlanjut tiap minggunya hingga hari H guna untuk menyukseskan kegiatan OPREC MYRC Angkatan 19.

          Semangat untuk para panitia yang terus bekerja keras hingga detik ini, semoga perjalanan OPREC MYRC angkatan 2019 berjalan lancer sehingga lahir para generasi emas MYRC yang selalu sukses dan berprestasi

rapat Hasanuddin Scientific Fair (HSF) 2021

          HSF merupakan salah satu program kerja dari Departemen Public Relation MYRC Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin yang diselenggarakan tiap tahun. HSF merupakan sebuah ajang kompetisi ilmiah dan simposium yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran dari berbagai Universitas di seluruh Indonesia. Rencananya, tahun ini akan diadakan kembali Hasanuddin Scientific Fair (HSF) 2021 yang bertemakan DERMATOVENEROLOGI. Open submission gelombang pertama telah ditutup 25 Mei 2021 pukul 23.59 WITA. Tapi tenang saja, open submission gelombang kedua akan segera dibuka. Diharapkan mahasiswa dari seluruh Indonesia dapat berpartisipasi dan meramaikan ajang kompetisi ini.

          Proses persiapan HSF terus dimaksimalkan sampai hari H acara. Hingga saat ini, rapat rutin  Hasanuddin Scientific Fair (HSF) sudah dilaksanakan sebnyak 4 kali dan terakhir pada hari Kamis, 20 Mei 2021. Semangat untuk para panitia HSF yang terus bekerja keras demi menyukseskan Hasanuddin Scientific Fair (HSF) 2021. Semoga semuanya berjalan sukses dan lancar!

Nama Lengkap
Angkatan MYRC (Jika Anggota)
Apakah MY Moment menambah pengetahuan anda mengenai MYRC?
Feedback