Did You Know ?
Tidak Gemuk Meskipun
Banyak Makan

Apakah kalian pernah merasa makan banyak tapi gak gemuk-gemuk juga? Atau mungkin pernah merasa udah makan banyak tapi berat badannya malah tambah turun? Nah hati hati jangan sampai kalian menderita penyakit berikut!

Nah, itulah tadi beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam menaikkan berat badan ataupun bahkan mengalami penurunan berat badan. Tetapi, perlu kalian ingat bahwa masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan seseorang sulit menaikkan berat badannya. Salah satunya juga adalah faktor genetik.    
Sumber :
Bjergved L, Jørgensen T, Perrild H, Laurberg P, Krejbjerg A, Ovesen L, et al. Thyroid function and body weight: A community-based longitudinal study. PLoS One [Internet]. 2014 Apr 11 [cited 2021 Jan 26];9(4). Available from: /pmc/articles/PMC3984087/?report=abstract
 Dong J, Chen Y, Tang Y, Xu F, Yu C, Li Y, et al. Body mass index is associated with inflammatory bowel disease: A systematic review and meta-analysis [Internet]. Vol. 10, PLoS ONE. Public Library of Science; 2015 [cited 2021 Jan 26]. Available from: /pmc/articles/PMC4684381/?report=abstract
 (UK) NGA. Introduction. 2017 [cited 2021 Jan 26]; Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK533174/
 Wharton S, Raiber L, Serodio KJ, Lee J, Christensen RAG. Medications that cause weight gain and alternatives in Canada: A narrative review [Internet]. Vol. 11, Diabetes, Metabolic Syndrome and Obesity: Targets and Therapy. Dove Medical Press Ltd.; 2018 [cited 2021 Jan 26]. p. 427–38. Available from: /pmc/articles/PMC6109660/?report=abstract

PRESENTASI DELEGASI

        Presentasi delegasi MYRC pada ajang MAJESTYNAS 2021 dilaksanakan pada 22-23 Juni 2021 dan diikuti oleh 4 tim delegasi. 4 tim ini berasal dari 3 cabang lomba yang berbeda, yaitu 1 tim dari cabang lomba esai ilmiah, 2 tim dari cabang lomba literature review, dan 1 tim dari cabang lomba poster publik.
       Presentasi delegasi ini dibagi menjadi 3 tahap. Tahap 1 dilaksanakan pada 22 Juni 2021 pukul 13.00 WITA untuk cabang esai ilmiah sebanyak 1 tim dengan juri dr. Muh. Iqbal Basri, Sp.S. dan dr.Ahmad Ashraf Amalius, M.kes., Sp.M. Tahap 2 dilaksanakan pada 23 juni 2021 pukul 09.00 WITA untuk cabang literature review sebanyak 2 tim dengan juri dr. Firdaus Hamid, PhD. Masih pada hari yang sama, tahap 3 dilaksanakan pada pukul 13.00 WITA untuk cabang lomba poster publik yang diikuti oleh 1 tim delegsi dengan juri dr. Munawir, M.Kes. Kegiatan ini dimulai dengan presentasi dari tim delegasi, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Dalam sesi diskusi, juri memberikan pertanyaan sekaligus masukan terkait karya dan presentasi dari masing-masing tim. Hal ini diharapkan dapat membantu para delegasi agar lebih siap untuk melakukan presentasi dan menjawab atau menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari juri. Di akhir kegiatan, juri memberikan penilaiannya berdasarkan format penilaian yang terlampir pada guideline MAJESTYNAS 2021. Presentasi delegasi ini diharapkan dapat menjadi ajang latihan bagi para delegasi untuk mempersiapkan presentasi terbaiknya di MAJESTYNAS 2021.

MYRC x BEM 

Diskusi Ready to PIMNAS

              Kegiatan ini diadakan untuk menjadi wadah bagi anggota MYRC dan Mahasiswa Prodi Sarjana Kedokteran FK Unhas yang merupakan peserta dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang lolos pada tahap pendanaan untuk mempersiapkan diri dalam bersaing di Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS).
         Diskusi Ready to PIMNAS dilaksanakan pada Kamis, 24 Juni 2021 pukul 16.30 WITA melalui aplikasi zoom meeting. Agenda dalam kegiatan ini adalah sharing with expert, yaitu alumni PIMNAS tahun sebelumnya. Kegiatan ini dihadiri oleh 11 peserta, 1 moderator atas nama Febby Diah S., dan 3 narasumber, yaitu Andi Muh. Aunul Khaliq Gunawan, S.Ked., Nirmalasasri, S.Ked., dan Ilma Rasyidah Budi Taufiq. Dalam kegiatan sharing ini, para narasumber membagikan pengalaman-pengalamannya dalam melaksanakan penelitian dan persipan menuju PIMNAS. Berbagai masukan dan tips dari para alumni PIMNAS tahun sebelumnya diharapkan dapat menumbuhkan semangat para peserta PKM tahun ini agar dapat meraih prestasi di ajang PIMNAS 2021.

BRAIN (Basic Source, Training, dan Interview)

          Kaderisasi merupakan bagian yang diperlukan setiap organisasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya anggota yang mumpuni demi menjaga eksistensi organisasi dan mewujudkan tujuan bersama. BRAIN  merupakan tahap awal dari serangkaian proses kaderisasi yang disebut Open Recruitment MYRC, untuk meningkatkan kualitas calon anggota baru melalui pembekalan dan pelatihan mengenai dasar-dasar penelitian, serta pencarian calon anggota baru yang memiliki minat dan komitmen untuk mewujudkan tujuan organisasi.
             Saat ini, BRAIN sudah dilaksanakan sebanyak 3 tahap, yaitu BRAIN Part 1 pada Sabtu, 19 Juni 2021  merupakan kegiatan interview bagi calon anggota MYRC 19.  BRAIN part 2 dilaksanakan pada Minggu, 27 Juni 2021 dan terbagi menjadi sesi Basic Course serta Training yang dibawakan oleh para pakarnya melalui Zoom Meeting. Tahap terakhir BRAIN OPREC MYRC 2021 merupakan tahap pendampingan yang dilaksanakan 30 Juni-18 Juli 2021. Pada tahap ini, anggota baru didampingi oleh para dokter dan kakak-kakak pendamping dalam pengerjaan proposal penelitian.
Semangat dan selamat kepada seluruh calon anggota baru MYRC. Semoga semuanya dimudahkan hingga resmi menjadi bagian dari MYRC

INAMSC 2021

CONGRATULATIONS atas prestasi delegasi MYRC di INAMSC 2021
INAMSC adalah rangkaian acara ilmiah yang merupakan bagian dari Liga Medika dan terdiri dari kompetisi ilmiah serta lokakarya simposium. Kompetisi ilmiahnya terdiri atas beberapa cabang lomba, yaitu literature review, paper dan poster penelitian, video edukasi, dan poster publik. Kompetisi ini mengambil tema “Penyakit Pernapasan” dan terbuka untuk mahasiswa kesehatan dan/atau ilmu biomedis nasional dan internasional.
Selamat kepada teman teman MYRC yang selalu keren memberikan prestasi tiada hentinya!
Juara 1 Poster Publik INAMSC 2021
  1. Annisa putri risa swara
  2. Hijriatun nisa
  3. Zahra aulia magistriana kasrum
Semoga semangatnya tetap membara dan bisa menyebar ke anggota-anggota MYRC lainnya.

MAJESTYNAS 2021

MERAHKAN MAJESTYNAS!!!! Lagi dan lagi anggota MYRC berhasil memborong juara dalam ajang lomba ilmiah MAJESTYNAS 2021 (Muhammadiyah Jakarta Scientific Competition Nasional) yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmiah FKK UMJ, Muhammadiyah Medical Researcher Community (M2RC).
MAJESTYNAS 2021 merupakan rangkaian seminar dan kompetisi di tingkat nasional yang terdiri dari empat cabang lomba. Kompetisi MAJESTYNAS tahun ini mengusung tema ”Overcome Maternal and Child Mortality to Bring Solution to Reduce Mortality during Pregnancy and Childbirth”.
Selamat kepada teman-teman yang telah mendapatkan juara di MAJESTINAS 2021 Universitas Muhammadiyah Jakarta!
Juara 1 Poster Publik
  1. Karen Kurnia
  2. Akhmad Zani Tasir M.
  3. Alya Fatinah Darmawan
Juara 2 Literature Review : Annisa Putri Risa Swara
Juara 3 Literature Review
  1. Raimond Loa
  2. Renaldo Thosal
  3. Sanjaya Winarta
Sekali lagi selamat kepada para juara!!! Semoga dapat menjadi motivasi bagi teman-teman yang lain untuk tetap berkarya dan tetap berprestasi!
Nama Lengkap
Angkatan MYRC (Jika Anggota)
Apakah MY Moment menambah pengetahuan anda mengenai MYRC?
Feedback