Bakteri Pemakan Daging Manusia?

Infeksi langkah ini menyebar cepat pada tubuh dan dapat menyebabkan kematian. Bahkan dengan perawatan, 1 dari 3 orang penderitanya meninggal. Dapat juga menyebabkan sepsis, syok, gagal organ, hingga kehilangan anggota badan.

Yuk Ketahui Lebih Lanjut…

Bakteri tersebut tidak “memakan”daging secara literal, namun terlepas toksin yang dapat merusak jaringan sekitar.

Terdapat beberapa jenis bakteri penyebab infeksi Necrotizing Fasciitis.

Namun, bakteri Streptococcus grup A adalah penyebab paling umum. Selain itu, bakteri Vibrio Vulnificus dan berbagai bakteri air juga dapat menyebabkan Necrotizing Fasciitis.

Sesuai namanya “Necrotizing” berarti menyebabkan kematian jaringan, dari “Fasciitis”  berarti Inflamasi Fasia yang merupakan jaringan dibawah kulit sekitara otot, saraf, lemak dan pembuluh darah.

Bakteri masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka, luka bakar, luka operasi, gigitan serangga dan bahkan luka tertutup seperti memar.

Gejala yang dapat kamu kenali seperti:

  1. Kulit kemerahan,
  2. Hangat & bengkak yang menyebar secara cepat.
  3. Nanah, ulser, lecet, perubahan warna kulit.
  4. Dapat disertai nyeri dan demam
  5. pusing, kelelahan, diare, hingga mual.

Jika menemukan permukaan pada tubuh :

  1. kamu dapat menghindari kolam renang,
  2. hindari perairan seperti danau, sungai, dan laut sebagai pencegahan.
  3. membersihkan daerah perlukaan menggunakan air dan sabun,
  4. menggunakan perban yang kering pada perlukaan.

“Sampai sekarang tidak tersedi vaksin Necrotizing Fasciitis, kunci dalam melawan infeksi berbahaya ini adalah dengan diagnosis dini dan pengobatan segera dengan pemberian antibiotik intravena, operasi dilakukan apabila bakteri telah merusak banyak jaringan serta mereduksi aliran darah sehingga antibiotik tidak tersalurkan.”

 

ROAD TO PIMNAS : GALI IDE

Program Kreativitas Mahasiswa atau disingkat PKM adalah program yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Republik Indonesia, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi. Mahasiswa yang lolos dalam pengajuan proposal akan dilombakan di ajang PIMNAS.

Timeline PKM ini sudah semakin dekat, oleh karena itu pada tanggal 26 Februari 2022 melalui Zoom Meeting, departemen Science dan Research MYRC melaksanakan kegiatan “Road To PIMNAS : Gali Ide”, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan atmosfir PKM dan mengingatkan mahasiswa unhas bahwa kegiatan PKM akan segera dilaksanakan.

“Road to Pimnas : Gali Ide” dilaksanakan bekerja sama dengan POKJA PKM FK Unhas. POKJA PKM FK Unhas sendiri adalah kelompok dosen-dosen FK Unhas yang ikut andil membantu mengurus PKM di FK Unhas.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa FK Unhas yang dapat mengikuti kegiatan PKM, yaitu mahasiswa FK Unhas dari angkatan 2021, 2020, dan 2019, selain mahasiswa kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen dosen POKJA Unhas, diantaranya adalah dr. Suryani Tawali, MPH yang juga merupakan pemateri dalam kegiatan ini, dan dr. Faqih yang merupakan ketua dari POKJA PKM FK Unhas.

Apa saja yang dilakukan dalam kegiatan ini? Sesuai dengan namanya dalam kegiatan ini dilaksanakan gali ide, peserta yang hadir akan menyampaikan idenya satu per satu dan peserta lainnya akan ikut menambahkan pendapatnya mengenai ide-ide yang telah dipaparkan tersebut, diharapkan setelah kegiatan ini berlangsung akan banyak ide-ide baru yang dapat digunakan untuk penyusunan proposal PKM.

PELANTIKAN BP MYRC FK UNHAS 2022

MYRC merupakan salah satu badan khusus yang terdapat dalam kegiatan kemahasiswaan FK UNHAS dan di dirikan pada tanggal 23 Maret 2002. Perekrutan dan pelantikan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengukuhkan secara resmi pengurus baru di periode yang baru. Pelantikan ini merupakan langkah awal dalam memulai suatu kepengurusan dengan harapan dapat terus  memberikan yang terbaik ke depannya.. Dalam setiap periode waktu, pergantian pengurus selalu diadakan di dalam sebuah organisasi yang diharapkan generasi dapat membuat inovasi baru yang lebih baik daripada sebelumnya. Pelantikan badan pengurus MYRC 2022 baru saja dilakukan oleh MYRC FK Unhas yang dilaksanakan pada Sabtu, 26 Februari 2022 melalui via ZOOM meeting yang dihadiri oleh Wakil Dekan Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan FK UNHAS oleh dr. Firdaus Hamid, PhD., Pembina MYRC FK Unhas oleh dr. Firdaus Kasim, M. Sc, Koordinator DPO MYRC 2021/2022, BP MYRC 2021/2022, serta seluruh anggota MYRC. Yang dimana pelantikannya berjalan dengan lancar.

Semangat dalam melaksanakan tanggung jawabnya, Good Luck!!!

RAPAT KERJA DAN UPGRADING MYRC

Setelah melakukan pelantikan badan pengurus baru MYRC, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah Upgrading Badan Pengurus.

Upgrading merupakan suatu kegiatan brain storming kepada BP MYRC berupa pemberian materi mengenai sejarah MYRC dan dasar penyusunan program kerja oleh Dewan Pertimbangan Organisasi, serta konsep kepemimpinan yang akan digunakan oleh executive director selama 1 periode kedepan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengarahkan dan memberikan pengetahuan kepada BP MYRC periode 2022 mengenai proses kepengurusan MYRC selama 1 periode kedepan. Kegiatan Upgrading BP MYRC dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Maret 2022 dari pukul 09.00 WITA- selesai melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh seluruh BP MYRC periode 2022 dan Dewan Pertimbangan Organisasi MYRC periode 2021/2022. Setelah dilakukan upgrading, pengurus pada setiap departemen ditugaskan untuk menyusun program kerja yang akan menjadi acuan kegiatan selama 1 periode kedepan dan kemudian akan dipaparkan pada saat rapat kerja.

Rapat kerja merupakan suatu kegiatan yang berisi pemaparan program kerja yang telah disusun sebelumnya. Pemaparan ini perlu dilakukan untuk memperbaiki ataupun menyempurnakan konsep dan teknis dari porgram kerja apabila masih terdapat kekurangan. Selain itu, rapat kerja juga hadir sebagai wadah untuk memberikan informasi terkait dengan koordinasi antar departemen sehubungan dengan program kerja yang disusun selama 1 periode ke depan. Rapat kerja dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 19-20 Maret 2022 dari pukul 08.00 WITA- selesai melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota MYRC. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan program kerja yang telah dipaparkan ditetapkan menjadi program kerja selama satu periode pengurusan ke depan.

Semangat bertugas teman-teman, good luck!!

CONGRATULATIONS

“MYRC tidak pernah berhenti membuat takjub. Bulan maret yang penuh dengan kesuksesan.

Kerja keras kalian terbayarkan. Selamat atas pencapaian teman-teman semua.”

EXIT MRC 2022
“Health Innovation In Controlling Infectious Disease during The Pandemic”

2nd Winner Of Literature Review

Asilah Nurul Qalbi
Muhammad Azka Al-Atsari
Rif’at Hanifah

Congratulations on your success! You have made us all proud. Keep up the good work!

Nama Lengkap
Angkatan MYRC (Jika Anggota)
Apakah MY Moment menambah pengetahuan anda mengenai MYRC?
Feedback