EVALUASI KARAKTERISTIK DAN FAKTOR RESIKO PERSALINAN PRETERM DI RS. WS MAKASSAR

EVALUASI KARAKTERISTIK DAN FAKTOR RESIKO PERSALINAN PRETERM DI RS. WS MAKASSAR

Anna Sari Dewi, Margaretha Wewengkang*

*Subbagian Fetomaternal Bagian Obstetri dan Ginekologi
Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Abstrak
Tujuan : Mengevaluasi karakterisitik dan beberapa faktor resiko persalinan preterm di RS Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar
Tempat : RS Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar periode 2004 – 2005
Rancangan : Retrospektif – analitik
Metode : Data diperoleh dari catatan medik pasien yang bersalin di RSWS Makassar periode 1 Januari 2004 sampai 31 Desember 2005. Dari semua data dicatat jumlah persalinan, usia, paritas, tingkat pendidikan, pekerjaan ibu dan suami, indikasi sewaktu masuk rumah sakit, nilai Hb, jumlah lekosit, dan riwayat obstetri. Subyek penelitian adalah persalinan preterm dan sebagai kontrol semua persalinan aterm yang diambil secara acak sederhana sesuai jumlah kasus. Selanjutnya data dianalisa dengan uji chi square  lalu diolah dengan SPSS for windows versi 11.00.
Hasil : Data penelitian menunjukkan kejadian persalinan preterm sebanyak 247 kasus dari 1446 persalinan (17,08%). Secara karakteristik persalinan preterm terbanyak pada usia 20 – 35 thn (70,04%), paritas 0 (44,93%), tingkat pendidikan SMU (34%), pekerjaan ibu sebagai IRT (87,85%), dan pekerjaan suami sebagai buruh/petani/sopir (37,65%). Hasil uji statistik menunjukkan karakteristik kelompok preterm dan aterm adalah homogen. Faktor resiko yang secara statistik bermakna (p<0,01) adalah hipertensi/eklamsi/preeklamsi, perdarahan antepartum, KPD, kelainan kongenital, Hb<11 gr%.
Kesimpulan : Secara statistik karakteristik persalinan preterm homogen dengan persalinan aterm. Faktor resiko yang bermakna yaitu hipertensi/eklamsi/preeklamsi, perdarahan antepartum, KPD, kelainan kongenital, Hb<11 gr%.
Kata kunci : Karakteristik persalinan preterm, faktor resiko persalinan preterm

Check Also

EVALUASI FAKTOR RISIKO SINDROM HELLP DI RS.DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO

EVALUASI FAKTOR RISIKO SINDROM HELLP DI RS.DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO PERIODE 1 JANUARI 2003 – 31 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.