BOSS (Basic Orthopaedic Surgical Skill) 2021 Departemen Ortopedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar

Sabtu, 13 Februari 2021 departemen Ortopedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar mengadakan BOSS (Basic Orthopaedic and Traumatologic Surgical Skill) 2021. BOSS 1 yang merupakan rangkaian pelatihan setelah diselenggarakannya Casting Academy departemen Ortopedi dan Traumatologi FK UNHAS ini memilik tujuan serupa yaitu untuk meningkatkan sumber daya manusia yang handal di bidang Ortopedi dan Traumatologi melalui peningkatan kemampuan dasar Ortopedi pada PPDS Ortopedi dan Traumatologi FK UNHAS.

BOSS 2021 diikuti oleh peserta pendidikan PPDS Ortopedi dan Traumatologi FK UNHAS pada jenjang semester 1 hingga semester 10, sebagai ketua panitia penyelenggara kegiatan adalah DR. dr. Muhammad Sakti, Sp.OT (K) BOSS.

Kegiatan BOSS 2021 dikemas sangat menarik, dengan diawali pemberian materi Basics Orthopaedic secara online via zoom oleh empat ahli bedah Ortopedi sebagai pemateri, diantaranya:

  1. DR. dr. Muhammad Sakti, Sp.OT (K) yang membawakan materi Orthopaedic Patient Positioning and Drapping
  2. dr. Zulfan Oktosatria Siregar, Sp.OT membawakan materi Basic Orthopaedic Surgical Instrument
  3. dr. Jainal Arifin, M.Kes, Sp.OT (K) Spine dengan materi Basic Principle of Suture, dan
  4. dr. Notinas Horas, M.Kes, Sp.OT yang membawakan materi Scrubbing and Gloving

Setelah pemberian materi Basics Orthopaedic secara online melalui media zoom meeting, kegiatan dilanjutkan dengan Skill Station untuk basic suturing skills. Pada sesi ini peserta diarahkan serta dilatih kembali dalam melakukan Suturing dengan tekhnik yang paling tepat sehingga diharapkan dapat memperoleh hasil yang optimal.

Kegiatan diakhiri dengan Exit Exam dimana seluruh peserta diuji untuk me recall seluruh materi yang telah diberikan pada sesi Basics Orthopaedic serta mempraktekkan dalam ujian skill yang telah dilatih dalam sesi Skill Station. Setelahnya, dilakukan penutupan kegiatan dengan harapan seluruh ilmu dan tekhnik yang telah didapat serta diasah dalam kegiatan ini, dapat memberikan hasil optimal dan kemampuan dasar Ortopedi pada PPDS Ortopedi dan Traumatologi FK UNHAS.

Terimakasih krpada guru-guru kami, ahli bedah Ortopedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar atas waktu dan kesempatan yang diberikan.

Updated: June 14, 2021 — 12:57 pm