BOSS I (Basic Orthopaedic Surgical Skill) 2022 Departemen Ortopedi dan Traumatologi

Sabtu, 19 Maret 2022, Bertempat di Student center dan Skill lab FK Unhas, Departemen Ortopedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar mengadakan BOSS I (Basic Orthopaedic and Traumatologic Surgical Skill) 2022

BOSS I merupakan rangkaian awal pelatihan di bidang Ortopedi dan Traumatologi yang diharapkan dapat memberikan kompetensi ketrampilan dasar bagi peserta. Pelatihan (course) ini dimaksudkan untuk menyampaikan prinsip serta memberikan pelatihan tekhnik dan prosedur dengan standar terbaik

BOSS I 2022 diikuti oleh peserta pendidikan PPDS Ortopedi dan Traumatologi FK UNHAS pada jenjang semester 2 hingga semester 3, sebagai ketua panitia penyelenggara kegiatan adalah dr. Benny Murtaza, M. Kes, Sp.OT.

dr. Muh. Andry Usman, Ph.D, Sp.OT(K) membuka acara BOSS I (Basic Orthopaedic and Traumatologic Surgical Skill)

Kegiatan BOSS dikemas interaktif dan memberikan pengetahuan yang lengkap dengan diawali dengan pembukaan acara BOSS I yang di buka langsung dengan Kepala Program Studi Departemen Ortopedi dan Traumatologi FK Unhas dr. Muh. Andry Usman, Ph.D, Sp.OT(K) dan pemberian materi Basics Orthopaedic oleh empat ahli bedah Ortopedi sebagai pemateri, diantaranya:

  1. dr. Notinas Horas, M.Kes, Sp.OT yang membawakan materi Orthopaedic Patient Positioning and Drapping
  2. dr. A. Dhedie Prasatia Sam, M.Kes, Sp.OT(K) dengan materi Basic Principle of Suture, dan
  3. dr. Dewi kurniati, M. Kes, Sp.OTyang membawakan materi Scrubbing and Gloving
  4. dr. Ira Nong, M.Kes, Sp.OT membawakan materi Basic Orthopaedic Surgical Instrument

Setelah pemberian materi Basics Orthopaedic di Student Center, para peserta dan penguji berpindah ke Ruang CSL FK Unhas untuk melanjutkan kegiatan Skill Station untuk basic suturing skills. Pada sesi ini peserta langsung diarahkan dan diajarkan serta dilatih kembali dalam melakukan suturing dengan teknik – teknik suturing yang paling tepat dalam menangani kasus – kasus di bidang Ortopedi dan Traumatologi.

Kegiatan diakhiri dengan Post Exam dari masing – masing peserta dimana seluruh peserta mengikuti ujian kembali dengan seluruh materi yang telah diberikan pada sesi Basics Orthopaedic serta mempraktekkan hasil dari Skill Station dalam ujian skill. Di akhir acara, dilakukan penutupan kegiatan BOSS I dengan harapan seluruh ilmu dan teknik yang telah didapat serta diasah dalam kegiatan ini dapat bermanfaat dan menjadi bekal di kemudian hari serta dapat memberikan hasil optimal dan kemampuan dasar Ortopedi pada PPDS Ortopedi dan Traumatologi FK UNHAS.

Terimakasih kepada pihak sponsor Johnson & Johnson serta BSN Medical yang turut serta mendukung acara ini. serta,

Terimakasih kami ucapkan kepada guru-guru kami, ahli bedah Ortopedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar atas waktu, kesempatan, dan pengetahuan yang diberikan.

Updated: March 19, 2022 — 1:03 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 10 =