Seminar Umum : Update Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi

Seminar Umum : Update Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi merupakan salah satu acara perdana yang dilaksanakan oleh Ortopedi UNHAS dalam rangka untuk berbagi ilmu kepada para mahasiswa fakultas kedokteran se-Makassar di Auditorium Prof. A. Amiruddin. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 25 September 2022 dan dihadiri oleh 226 peserta dari berbagai universitas. Kegiatan seminar ini bertajuk “Update Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi.” Selain seminar, diadakan pula lomba presentasi materi di bidang Ortophaedi dan Traumatologi.

Acara ini dibagi menjadi 2 rangkaian, yaitu : Seminar ortopedi oleh dokter spesialis ortopedi dan lomba karya ilmiah oleh para dokter muda dari berbagai universitas

Acara dimulai pada pukul 08.00, dengan kata sambutan dari Dr. dr. Andi Alfian Zainuddin, MKM. yang mewakili dekanat Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, dilanjutkan materi pembuka oleh Prof. DR. dr. Idrus Paturusi, Sp.B, Sp.OT (K), dan dirangkaikan berbagai materi yang telah disesuaikan dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI).
Materi infeksi pada tulang oleh DR. dr. Karya Triko Biakto, MARS, Sp.OT (K) Spine, presentasi tentang Cedera Olahraga oleh  DR. dr. Muhammad Sakti, Sp.OT (K), presentasi tentang Orthopaedi Panggul dan Lutut oleh dr. Muh. Andry Usman, Ph.D, Sp.OT (K), presentasi tentang Orthopaedi Tulang Belakang oleh dr. Jainal Arifin, M. Kes, Sp.OT (K) Spine, presentasi tentang Orthopaedi Tumor oleh dr. Notinas Horas, M.Kes, Sp.OT, dan Presentasi tentang Orthopaedi Tangan dan Ekstremitas Atas oleh dr. Andi Dhedie P. Sam, M.Kes, Sp.OT (K).


Sesi diskusi yang menyusul berlangsung dengan beberapa pertanyaan dari peserta, dimoderatori oleh dr. Helmiyadi Kuswardhana, M.Kes, Sp.OT dan dijawab langsung oleh semua pemateri. Kegiatan diakhiri dengan perlombaan presentasi yang dimenangkan oleh tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin ,dengan pemenang kedua Tim dari Universitas Muslim Indonesia, dan ketiga dari Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kegiatan kemudian ditutup dengan meriah, dengan melihat ketertarikan dari peserta yang datang ke acara ini membuat panitia berencana untuk melakukan event ini sebagai acara tahunan.

Foto bersama kuliah umum “Update Ilmu Orthopedi”
Updated: October 8, 2022 — 12:55 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *