Pelatihan Tutor dan Instruktur 5-6 Juni 2009 Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

SAMSUNG DIGIMAX A503Berdasarkan Visi, Misi dan Kebijakan Mutu  Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FKUH) sebagai satu dari lima terbaik Fakultas Kedokteran di Indonesia yang mempunyai sistem pengajaran yang bermutu dalam memberikan pengajaran  dan pelayanan terbaik bagi Mahasiswa, dokter, dokter spesialis yang mempunyai kompetensi untuk meningkatkan derajat  kesehatan  masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, maka diadakan Pelatihan Tutor dan Instruktur yang dijadwalkan selama dua hari berlangsung 5-6 Juni 2009 oleh panitia penyelenggara dari bagian Medical Unit Education FKUH

Tujuan pelatihan ini untuk membimbing dokter-dokter muda yang mempunyai kompetensi untuk meningkatkan mutu dari pengajaran dan pelayananan melalui sistem manajemen mutu yang nantinya menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan dalam kompetensi, daya saing, dan siap berkompetisi dalam masyarakat global. Sebagai pembuka dan peresmian acara pelatihan ini oleh Pembantu Dekan I , Prof. Dr. dr. Suryani As’ad,Sp.G(K)  pada hari pertama , Sesi I (Pukul 8.30 )  sebagai narasumber memberikan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Dokter .

Kemudian dilanjutkan oleh dr. Budu,Ph.D,Sp.M(K) yang memberikan materi bimbingan mengenai perubahan sistem pendidikan yang berdasarkan sistem kompetensi, CSL: Proses dan Strateginya serta  Alih Ketrampilan Klinik,bagaimana mentransfer ilmu kepada mahasiswa dan pengembangan keterampilan klinik.

Pelatihan yang berlangsung pada Sesi II (Pukul 13.00)  materi bimbingan mengenai Manual CSL oleh Dr.dr. Maisuri T.Chalid,Sp.OG yang dilanjutkan dengan Praktek CSL oleh Team Fasilitator (dr. Bau Dilam dan team MEU).

rezise

Untuk Pelatihan Tutorial pada hari kedua,Sabtu 6 Juni 2009, oleh dr. Sri Asriyani,Sp.Rad memberi bimbingan Proses Pelaksanaan Tutorial, serta menjelaskan peran tutor dalam tutorial. Kemudian  Oleh dr. Irwin Aras,M.Epid memberikan materi bimbingan Assesment dan Feedback dalam tutorial serta ketrampilan pengembangan kelompok yang kemudian dilaksanakan Praktek Tutorial.

Besar harapan atas terselenggaranya Pelatihan Tutor dan Instruktur ini dapat menghasilkan dokter-dokter muda yang mempunyai keunggulan dalam kompetensi sebagai para pengajar dan staff yang aktif memberikan sumbangsih dalam khasanah pendidikan. Be A Good Tutor…….

Check Also

Interpol Expert Delivers Forensics Public Lecture at FK UNHAS

The Department of Forensics and Medicolegal, Faculty of Medicine, held an International public lecture on ...

“Brunch Talk” Faculty of Medicine Hasanuddin University

Makassar, Tuesday, August 11st, 2020, at the 8th floor Lounge of the Rectorate Building Hasanuddin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *